Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaAppsAplikasi Pikobar untuk Informasi Corona Masyarakat Jabar

Aplikasi Pikobar untuk Informasi Corona Masyarakat Jabar

Must Read

Techbiz.id – Pemprov Jabar meluncurkan aplikasi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) di Command Center Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). Aplikasi Pikobar ini bisa diunduh melalui Play Store.

Di dalam aplikasi tersebut warga bisa mengetahui jumlah pasien positif, angka pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dengan pengawasan (ODP) berikut peta sebarannya.

“Warga juga banyak yang ingin mendonasikan masker dan sanitizer, nah di aplikasi ini juga bisa melakukan donasi setelah kami bekerja sama dengan organisasi sosial tertentu, intinya jadi aplikasi informasi satu pintu agar publik tak bertanya-tanya,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jumat (20/3/2020).

“Jadi masyarakat tidak perlu bertanya-tanya, bisa lewat handphone, ada nomor darurat yang bisa diakses masyarakat ke Pikobar adalah 119 atau 08112093306,” tambahnya.

Di aplikasi ini, masyarakat juga bisa memberi input dan penilaian terkait kinerja pemerintah dalam menangani Covid-19.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini, warga juga memeriksakan diri secara mandiri. Hal itu memungkinkan setelah Pikobar berkolaborasi dengan aplikasi Prixa. Kang Emil mengatakan aplikasi ini dapat dimanfaatkan warga untuk ‘konsultasi’ kondisi kesehatan.

“Nanti warga juga bisa memeriksakan diri sendiri, nanti ada beberapa pertanyaan yang muncul. Misal kalau batuk, batuknya berdahak atau disertai pusing dan selanjutnya. Nanti secara matematis, akan keluar jenis penyakit berikut cara penanganannya,” tutur Emil.

Fitur lainnya, warga juga bisa mendaftar menjadi relawan untuk menghadapi Covid-19 lewat aplikasi tersebut. Selain itu juga disertakan forum tanya jawab yang saat ini masih dalam pengembangan.

“Aplikasi ini kalau dikerjakan secara profesional butuh waktu berbulan-bulan. Tapi alhamdulillah kami dengan memperkerjakan tenaga muda pintar dari Jawa Barat, bisa menyelesaikan aplikasi ini dalam waktu hitungan hari,” ucap Emil.

Pikobar juga menggandeng Jabar Saber Hoaks untuk menangkal informasi hoaks yang berkaitan dengan corona.

Terkait

Artikel Terkait

DJI Mini 3 Pro, Drone Ringan dengan Video 4K

Techbiz.id - DJI Mini 3 Pro resmi hadir di Indonesia melalui jaringan ritel Erajaya Active Lifestyle dan diklaim menjadi...