Selasa, November 29, 2022

Satelit Nusantara Dua Gagal Mengorbit

Techbiz.id – Satelit Nusantara Dua pada hari Kamis (9/4), dikabarkan gagal mengorbit setelah diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC) di Xichang, Cina, pada pukul 19.46 waktu setempat.

Presiden Direktur PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) Johanes Indri Trijatmodjo dalam keterangannya menyampaikan, setelah proses lift off berjalan dengan baik, terjadi anomali ketika memasuki tahap pelepasan roket tingkat tiga, sehingga satelit tidak bisa mencapai orbit yang ditetapkan.

Satelit tersebut direncanakan mengorbit di slot orbit 113° Bujur Timur akan beroperasi untuk menggantikan satelit Palapa-D milik Indosat Ooredoo.

Jangkauan satelit mencakup seluruh wilayah Indonesia, Asia Pasifik sampai Australia untuk transponder C-band dan HTS.

Satelit tersebut dirancang atas dasar perjanjian kontrak kerja antara China Great Wall Industry Corp yang bernaung di bawah China Aerospace Science and Technology Corp dan Palapa Satelit Nusantara Sejahtera pada Mei 2017.

“Nusantara Dua telah dilindungi oleh asuransi yang sepenuhnya memberikan perlindungan atas risiko peluncuran dan operasional satelit,” pungkas Johanes.

Terkait

Artikel Terkait

DANA Implementasikan QRIS TTS

Techbiz.id - Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah meresmikan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai...