Sabtu, April 27, 2024

Kedai Sayur Kini Layani Kebutuhan Rumah Tangga

Techbiz.id – Sukses melayani segmen B2B ke hotel, restoran dan kafe, Kedai Sayur mempercepat peluncuran business-to-consumer layanan pesan antar bahan makanannya secara daring.

Langkah ini diambil untuk memenuhi kenaikan tajam permintaan sejak pemerintah menerapkan pembatasan aktivitas penduduk dalam upaya memperlambat penyebaran virus Corona.

CEO Kedai Sayur, Adrian Hernanto mengatakan pasar produk pangan mulai berubah sejak persebaran COVID-19 merebak pada awal Maret. Permintaan dari hotel, restoran, dan kafe merosot, sedangkan permintaan dari tukang sayur dan pelanggan rumah tangga meningkat signifikan.

“Sebelum COVID-19, kami sangat confident dengan penjualan B2B ke hotel, restoran dan kafe. Growth-nya lebih dari 20% per bulan. Namun, semenjak bulan Maret, permintaan tersebut turun hampir 50%. Namun, berbarengan dengan hal tersebut, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada permintaan yang berasal dari tukang sayur dan juga pelanggan rumah tangga,” katanya.

Selain itu, dia menjelaskan pembatasan operasional pasar induk dan pasar lokal menganggu pola distribusi produk pangan segar di Indonesia.

“Dampaknya, bukann hanya pelanggan yang tidak bisa belanja ke pasar.  Petani juga kehilangan medium untuk menyalurkan hasil panen mereka,” kata Adrian.

Kedai Sayur memutuskan untuk mempercepat peluncuran layanan business-to-consumer sehingga pelanggan bisa memenuhi kebutuhan pangan harian sambil menaati peraturan pemerintah untuk tetap di rumahKini, Kedai Sayur melayani pengiriman sayur dan lauk pauk langsung ke rumah pelanggan melalui aplikasi KedaiSayur dan toko daring di Tokopedia dan Blibli. 

Selain  itu, Kedai Sayur meluncurkan inisiatif yang membantu petani untuk mendistribusikan hasil panen mereka ke pelanggan. Inisiatif tersebut dijalankan lewat kerja sama langsung dengan petani melalui Kementerian Pertanian. Petani dapat menjual hasil panen mereka dibantu oleh pemerintah dengan menggunakan platform digital oleh Kedai Sayur. 

“Kini dengan keahlian supply chain dan teknologi digital platform, Kedai Sayur berkontribusi ke dua sisi pola distribusi yang kena dampak virus Corona,” kata Adrian.

Kedai Sayur juga menyediakan  program Paket Donasi untuk masyarakat atau perusahaan yang ingin melakukan donasi dalam bentuk bahan makanan. Kedai Sayur mengelola penyaluran paket  bahan makanan tersebut ke penduduk yang tinggal atau bekerja di zona merah serta ke individu yang kehilangan  pendapatan akibat COVID-19.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...