Sabtu, April 20, 2024

Smart Speaker Widya Wicara Ramaikan Pasar Perangkat Cerdas Indonesia

Techbiz.id – Smart speaker karya anak bangsa yang diberinama Widya Wicara Prima yang diluncurkan hari ini oleh PT Widya Informasi Nusantara siap meramaikan pasar perangkat cerdas Indonesia. 

Smart Speaker berbahasa Indonesia ini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan & perintah suara yang diberikan oleh penggunanya. Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan Widya terdengar sangat natural dan interaktif, selayaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari.

Smart Speaker ini dibekali dengan fitur-fitur unggulan, mulai dari pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadhan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca bukupengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, serta Q&A (Question and Answer).

Widya memiliki sumber yang kredibel seperti: Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya. Khususnya, selama masa pandemi ini, di mana sebagian besar orang lebih banyak beraktifitas di rumah dengan beragam perangkat teknologi.

Seluruh fitur dalam Widya Wicara Prima dapat dilakukan hanya dengan komando suara, tanpa harus menekan tombol apapun. Widya pun dapat diaktifkan hanya dengan mengucapkan, “Hai Widya,…” atau “Halo Widya,….”. Hal ini berkat teknologi Artificial Intelligence (AI) pada Widya, yakni entitas kecerdasan yang ditanamkan ke dalam mesin, sehingga Widya dapat merespons langsung atas sebuah perintah yang diberikan.

Handlee Susanto, Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara. mengatakan, selain dapat menjadi sahabat dekat masyarakat Indonesia dengan memberikan fitur penunjang keseharian, Widya juga berusaha membiasakan penggunanya berinteraksi dengan teknologi berbasis suara. Hal ini dilakukan untuk menciptakan ekosistem kegiatan harian yang bersinergi dengan Widya.

“Itulah mengapa Widya berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk menyajikan konten lokal yang kredibel dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kami berharap Widya juga mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses lebih kepada informasi yang berguna,” ungkapnya.

Saat ini Widya bisa didapatkan baik secara online di Shopeedan nantinya secara offline di gerai yang berada di beberapa kota, seperti Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar. Produk ini dipasarkan dengan harga Rp1.499.000, – dengan ukuran dimensi yang mudah dibawa kemanapun, serta memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...