Techbiz.id – Raksasa internet Tencent Holdings Limited resmi memperkenalkan WeChat Retail Growth Plan yang bertujuan untuk mempercepat pemulihan industri ritel. Fitur ini diklaim mampu membantu para pelaku usaha dan merek secara global untuk menemukan solusi bisnis di tengah pandemi COVID-19.
Seperti diketahui, di tengah wabah corona ini terjadi peralihan masif dari transaksi belanja ritel offline ke sistem transaksi belanja daring (online). Riset WeChat menunjukkan berbagai tren baru bermunculan untuk berjualan secara ritel, seperti livestreaming.
WeChat Retail Growth Plan terdiri dari WeChat Live for Business yang membantu para pelaku usaha berinteraksi dengan para pelanggan lebih intens sekaligus meningkatkan penjualan mereka melalui livestreaming dengan Mini Program.
WeChat Live bukan saja lebih mudah digunakan, namun juga menyajikan platform interaksi dan percakapan dalam ekosistem WeChat. Para pengguna dapat sekaligus menyaksikan livestream sambil terus melakukan pembelian dan berkomunikasi secara real time.
WeChat Live juga dapat membantu para pebisnis untuk menaikkan volume transaksi belanja daring melalui fitur WeChat’s 1 on 1 Consultant yang memberikan akses bagi para peritel untuk mengolah basis data pelanggan dan membangun komunikasi dengan para followers.
Selama pandemi berlangsung, fitur WeChat Work juga telah menjadi platform utama untuk bekerja jarak jauh dan sudah digunakan oleh berbagai perusahaan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan sekaligus untuk mengembangkan bisnis daring.
Sementara di layanan transaksi keuangan, tersedia WeChat Pay yang telah mencakup 16 mata uang di 60 negara.