Sabtu, Juli 27, 2024

NEC Mulai Pasarkan Bioplastik Secara Global

Techbiz.id – NEC Platforms, anak perusahaan NEC Corporation, telah memulai penjualan global “NeCycle,” bioplastik selulosa yang sangat fungsional yang mengandung sekitar 50% bahan tanaman yang tidak dapat dimakan dengan waktu biodegradasi dalam lingkungan alami sekitar empat tahun.

NeCycle ini terdiri dari selulosa, sumber daya tanaman yang tidak dapat dimakan yang diperoleh dari kayu, jerami, dan sebagainya, serta bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan, karena memiliki degradabilitas jangka panjang di lautan, dan memiliki daya tahan yang sesuai untuk berbagai macam produk.

Bioplastik yang dikemas dalam bentuk pelet ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk produk-produk interior, otomotif, dan peralatan otomatisasi kantor yang menekankan pada sifat lingkungan dan dekoratif.

NEC Platforms akan mulai menjual bioplastik ini dengan produk-produk yang membutuhkan nilai tambah tingkat tinggi dan keramahan lingkungan, sambil merencanakan perluasan skala bisnis dan menargetkan penjualan tahunan sebesar 5 miliar JPY (sekitar 46 juta USD) di FY2025.

NeCycle ini memiliki beberapa fitur yakni:

1. Karakteristik lingkungan

NeCycle terdiri dari selulosa (sekitar 50%) yang diekstraksi dari biomassa yang tidak dapat dimakan yang tidak berdampak pada masalah pasokan makanan, seperti kayu dan jerami, dan bahan-bahan yang aman.

Selain itu, NeCycle melakukan biodegradasi dalam waktu sekitar empat tahun di lingkungan alam, seperti lautan dan tanah, dan diperkirakan akan berkontribusi pada perwujudan “masyarakat sirkular”, termasuk solusi masalah limbah plastik laut.

2. Daya tahan dan kemudahan untuk dicetak

NeCycle memiliki daya tahan yang dapat diterapkan pada berbagai produk, dan daya cetak yang memungkinkan produksi massal melalui cetakan injeksi, menjadikannya senyaman plastik konvensional.

3. Properti Dekoratif

NeCycle mengekspresikan warna hitam yang dalam dan hangat, mirip dengan pernis, dan memiliki tampilan bermutu tinggi tanpa melalui proses pelapisan. Karena proses pelapisan tidak lagi diperlukan, tingkat fleksibilitas bentuk produk dan produktivitas massa dapat ditingkatkan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...