Sabtu, April 20, 2024

Mengarahkan Industri Ponsel melalui Next Normal

Artikel ini ditulis oleh: TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics

Techbiz.id – Sejak saya mengambil alih kendali di Samsung Mobile enam bulan lalu, begitu banyak hal yang berubah. Apa yang tadinya biasa sekarang terasa luar biasa – pada saat Anda mengunjungi teman atau pergi keluar untuk makan.

Saya menganggap era baru ini sebagai “Next Normal” dan teknologi – terutama teknologi seluler – memiliki peran penting di dalamnya. Hanya dalam beberapa bulan, kita telah melihat kehidupan berubah dengan cara yang tak terbayangkan. Pembelajaran jarak jauh, fitness di rumah, konser online, dan masih banyak lagi hal-hal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi.

Sebagai pemimpin industri teknologi, kami memiliki tanggung jawab khusus – dan sekarang yang paling penting – adalah untuk membantu masyarakat terus bergerak maju. Begitu banyak orang mengandalkan kami untuk memberikan mereka cara baru dalam berkomunikasi, cara baru untuk bekerja, dan cara baru untuk terhubung.

Di Galaxy Unpacked musim panas ini, kami akan memperkenalkan lima perangkat baru yang menawarkan kekuatan. Perangkat ini mewujudkan visi kami untuk menjadi inovator pengalaman ponsel baru yang mengalir dengan baik dan terus menerus ke mana pun kami pergi. Perangkat ini menggabungkan kekuatan dengan fungsionalitas tanpa batas, baik ketika Anda sedang bekerja atau bermain, di rumah ataupun di luar rumah. Pada Next Normal, Anda akan memiliki kempampuan untuk untuk menjalani kehidupan sepenuhnya dengan perangkat yang ada di tangan Anda (dan di telinga Anda, serta  pergelangan tangan Anda.)

Saat saya memetakan masa depan Samsung Mobile, saya ingin berbagi tiga prioritas strategis yang saya fokuskan. Sebuah strategi yang jelas dan melihat masa depan, seperti yang selalu Samsung lakukan. Alih-alih bermain aman, kami mengambil risiko dan bergerak cepat. Alih-alih menunggu orang lain, kami menetapkan arah industri. Bahkan di masa-masa sulit ini, saya tahu bahwa pilar-pilar ini akan menjaga fokus kami tepat di tempat yang seharusnya: yaitu kepada pelanggan kami.

Inovasi yang Berarti

Pada saat pandemi telah memberlakukan begitu banyak batasan pada kita semua, teknologi adalah jembatan menuju dunia yang lebih besar. Perangkat seluler telah menjadi satu-satunya cara bagi banyak orang untuk bekerja dari rumah dan tetap terhubung – mereka telah menjadi penyelamat sejati.

Dalam enam bulan terakhir, kami telah berusaha menghadirkan yang terbaik pada lini produk kami dan berinvestasi besar dalam R&D. Kami telah menerapkan solusi baru dalam waktu singkat, untuk melakukan segalanya mulai dari meningkatkan teknologi video-chat hingga membantu pekerja garda depan tetap aman dalam melakukan tugasnya.

Next Normal ini akan menjadi periode inovasi yang lebih berani. Kami akan membuat teknologi seluler yang lebih personal, cerdas, bermanfaat, dan aman. Kami akan mengembangkan lebih banyak produk inovatif, seperti ponsel lipat kami yang terkemuka di industri. Dan saat kami meluncurkan berbagai perangkat Galaxy 5G di pasar yang lebih luas, teknologi ini akan memungkinkan begitu banyak pengalaman yang bahkan belum dapat kami bayangkan.

Dari ponsel lipat hingga teknologi 5G, kami memiliki lini dalam jumlah yang luar biasa, dengan beberapa hal yang telah kami siap tampilkan segera.  Saya juga sangat bersemangat memikirkan bagaimana orang-orang akan menggunakan teknologi kami ini untuk mengubah hidup mereka. Karena hanya dengan begitu, inovasi yang berarti akan terwujud.

Membuka Kolaborasi

Beberapa bulan terakhir ini telah membuktikan kebenaran perkataan itu berulang kali. Kisah-kisah dari begitu banyak orang yang berkumpul untuk saling membantu benar-benar membangkitkan semangat, dan menunjukkan bahwa kebersamaan selalu menghasilkan sesuatu lebih besar daripada berjalan sendiri.

Hal ini memberikan apresiasi yang baru kepada kekuatan jaringan mitra Samsung yang luas. Kami selalu percaya bahwa kami harus bekerja bersama, untuk menciptakan pengalaman baru bagi pelanggan kami.

Lihatlah kolaborasi kami dengan Google, Microsoft, Netflix, dan Spotify, beberapa nama baru mitra kami. Kami bekerja dengan Google untuk mengoptimalkan panggilan video sehingga pengguna dapat lebih mudah terhubung. Kami juga memperluas kemitraan kami dengan Microsoft sehingga smartphone Galaxy dan PC Windows dapat berbagi pesan, foto, dan pengingat kalender secara real-time. Kolaborasi ini hanya akan terus berkembang melalui kemitraan game kami dengan Xbox.

Kami juga percaya pada kekuatan kemitraan karena kami ingin semua orang – termasuk perusahaan baru, pengembang, dan komunitas lokal kami – memiliki kesempatan untuk mencapai impian mereka. Program inkubasi start-up Samsung C-Lab dan Samsung NEXT hanyalah beberapa cara kami membantu wirausahawan di dalam dan di luar dari pembangunan, pertumbuhan, dan skala perusahaan kami.

Di Samsung, kami akan terus membawa ide-ide terbaik ke pasar – dari mana pun asalnya. Bagaimanapun juga, kita benar-benar lebih kuat bersama.

Ketangkasan Operasional

Langkah cepat perubahan yang ditentukan oleh realitas baru kami telah mendorong kebutuhan akan ketangkasan operasional: kemampuan untuk memprioritaskan sumber daya dan menjadi efisien hari ini, sambil mengantisipasi tren dan bertindak secara meyakinkan untuk hari esok. Pandemi ini menjadi ujian yang berat. Hal ini berarti bertransformasi dengan cepat untuk menjaga komunitas lokal, mitra, dan karyawan kami, sambil tetap membangun ketahanan untuk pengoperasian di masa depan.

Ketangkasan ini juga yang memungkinkan kami menawarkan perangkat yang kuat, dan pengalaman yang terhubung, yang akan kami perkenalkan di Galaxy Unpacked. Kami melihat bahwa orang menginginkan – dan membutuhkan – perangkat yang dapat dioptimalkan untuk bekerja, bermain, dan multi-tasking untuk beragam gaya hidup. Komitmen kami terhadap inovasi, ditambah dengan ketangkasan operasional kami, membuktikan bahwa kami dapat sepenuhnya menata kembali pengalaman yang lebih praktis.

Ketangkasan operasional juga menyebabkan perubahan mendasar dalam cara kami memberikan pengalaman ponsel yang dapat Anda percayai. Karena melindungi pelanggan adalah prioritas utama kami, kami menggabungkan keamanan di setiap lapisan perangkat Anda, mulai dari chip hingga aplikasi. Hari ini kami bangga bahwa industri kami menjadi yang terdepan, platform keamanan defense-grade Knox telah melindungi lebih dari satu miliar pelanggan di seluruh dunia.

Masa Depan Inovasi Ponsel

Singkatnya, ketiga prioritas strategis ini akan memandu Samsung Mobile melalui Next Normal dan selanjutnya. Prioritas ini akan memungkinkan kami untuk terus-menerus menemukan kembali diri kami untuk mewujudkan visi kami dalam memberikan pengalaman mobile yang baru dan inovatif kepada semakin banyak orang di seluruh dunia.

Kami akan terus memperluas ekosistem Galaxy dan memberikan pengalaman yang membantu Anda melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit usaha sehingga Anda dapat fokus pada apa yang benar-benar penting. Pada akhirnya, ini tentang menempatkan Anda di pusat pengalaman Galaxy sehingga Anda dapat menjalani hidup sepenuhnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...