Thursday, April 22, 2021
Home DigiBiz AwanTunai Beri Akses Pembiayaan UMKM Petani

AwanTunai Beri Akses Pembiayaan UMKM Petani

Must Read

Dijual Rp500 Ribu, Huawei Band 6 Resmi Meluncur di Indonesia

Techbiz.id - Huawei kembali menghadirkan perangkat baru. Gelang pintar bernama Huawei Band 6 dirilis secara daring di Indonesia, Jumat...

Mengatur Rumah Pintar dengan SmartThings

Techbiz.id - Samsung Galaxy S21 Series 5G hadir dengan sederet fitur-fitur yang dapat mempersiapkan setiap penggunanya untuk masa depan....

iPhone 12 dan iPhone 12 Mini Tampil dengan Warna Baru

Techbiz.id - Bersamaan dengan merilis iPad Pro, iMac serta Airtag, Apple juga menghadirkan varian warna baru iPhone 12 dan...

Tips Bikin Ramadan yang Menyenangkan dengan HP Sejutaan

Techbiz.id - Ramadan selalu jadi momen berkesan bersama dengan keluarga, teman sekelas dulu maupun sahabat masa kini. Untuk kedua kalinya...

Tips Berolahraga Saat Puasa dengan OPPO Band

Techbiz.id - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan alasan bagi kamu untuk malas bergerak, apalagi sampai “puasa berolahraga”....

Techbiz.id – AwanTunai menjalin kerja sama dengan SayurBox untuk memajukan industri pertanian dengan mengembangkan UMKM petani melalui kemudahan akses pembiayaan.

Kemudahan akses yang ditawarkan berupa pembiayaan faktur formal yang berbiaya rendah dan hingga saat ini telah memfasilitasi lebih dari 5.000 UMKM petani di Indonesia.

- Advertisement -

Dalam upaya mengembangkan program ini, AwanTunai dan SayurBox juga menjalin kemitraan dengan SCBF (Swiss Capacity Building Facility) guna memfasilitasi bantuan teknis pendanaan.

Dukungan AwanTunai dalam kerja sama ini adalah untuk mengembangkan pengumpulan data dan infrastruktur penilaian digital melalui dana yang difasilitasi oleh SCBF.

Inisiatif ini bertujuan untuk membentuk proses manajemen risiko kredit yang diterima bank agar lebih sesuai untuk UMKM petani serta mengembangkan sistem infrastruktur dasar (yang merupakan pengembangan aplikasi HP) dan melakukan aktivitas penjualan dan pemasaran.

Penyebaran infrastruktur di antara mitra rantai pertanian ini diharapkan dapat membuka semakin banyak UMKM petani kepada akses pembiayaan.

Chief Executive Officer dan Co-Founder AwanTunai, Dino Setiawan menyampaikan, sebagian besar UMKM petani Indonesia tidak memiliki akses ke modal kerja yang terjangkau atau rantai pasokan downstream yang merata.

“Terbatasnya akses ke dukungan kredit formal, permodalan, teknologi, dan akses menimbulkan berdampak negatif terhadap stabilitas ekonomi petani. Dengan demikian, kemitraan ini akan berpengaruh besar pada kesejahteraan petani Indonesia,” ucapnya.

Kinerja ini diharapkan dapat mendigitalisasi dan mengoptimalkan rantai pasokan industri pertanian untuk memperluas jangkauan akses pembiayaan terjangkau kepada lebih dari 19 juta UMKM petani, termasuk mereka yang tidak memiliki rekening bank, di seluruh Indonesia.

Selain itu, kolaborasi ini memungkinkan kedua belah pihak saling melengkapi tujuan mereka dalam meningkatkan kesejahteraan dan inklusi keuangan bagi seluruh UMKM petani Indonesia.

Menurut Chief Financial Officer Sayurbox, Arif Zamani, langkah dari Sayurbox dan AwanTunai ini adalah bagian dari komitmen dalam mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para petani Indonesia secara signifikan, hari ini dan seterusnya.

Di Indonesia, pembiayaan untuk UMKM petani diketahui penuh dengan kinerja pembayaran yang belum optimal. Kendala dalam pengelolaan tanaman, dana pinjaman, dan hasil panen membuat pembiayaan menjadi tantangan untuk diterapkan secara konsisten.

AwanTunai melakukan kolaborasi dengan SayurBox sebagai offtaker pertanian untuk mengembangkan pembiayaan berkelanjutan dan terjangkau yang akan mempercepat siklus arus kas UMKM petani dalam menerima dana dari penjualan hasil panen.

Hal ini juga akan membuka akses ke input yang lebih baik dalam bentuk benih, pupuk, dan bahan lain untuk perkembangan pertanian mereka. Bekerja sama dengan perantara rantai pasokan, AwanTunai dan SayurBox percaya bahwa untuk bisa mencapai solusi pembiayaan berkelanjutan ini, kredit macet harus diminimalisir.

UMKM petani bisa bergabung dan mendapatkan pembiayaan yang terjangkau ini hanya dengan menunjukkan KTP mereka.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

FE 14mm F1.8 GM, Lensa Ringkas dengan Angle Ultra-lebar

Techbiz.id - Sony Electronics Inc. semakin memperluas jajaran lensa E-mount-nya dengan memperkenalkan FE 14mm F1.8 GM (model SEL14F18GM) -...

Artikel Terkait