Jumat, Mei 17, 2024

XL Axiata Sediakan Layanan Tanya321 untuk Informasi Kesehatan

Techbiz.id – Bersama Viamo Indonesia (Viamo) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI XL Axiata meluncurkan layanan Tanya321 yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait, selama 24 jam sehari, lewat aplikasi WhatsApp.

“Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Viamo Indonesia mendukung Kementerian Kesehatan RI dengan menerapkan teknologi seluler untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan Tanya321 bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir.

Kolaborasi ini menurut Marwan sekaligus menjadi wujud nyata upaya perusahaan mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat secara mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar juga merupakan pengguna aktif whatsapp.”

Marwan menambahkan, pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi sangat relevan, karena di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp di tahun 2021 (sumber: Statista, 2021).

Karena itu, penyebaran informasi resmi dari pemerintah dapat juga difasilitasi dengan layanan ini sehingga masyarakat dapat mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Masyarakat cukup menghubungi Tanya321 lewat WhatsApp di nomor 0819 – 0819 – 2 – 321 atau di link bit.ly/tanya321.

Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya.

Sementara itu, Country Director dari Viamo Indonesia, Patrick M Compau mengatakan bahwa, kerjasama ini merupakan bentuk langkah lanjutan untuk memberikan informasi penting yang dibutuhkan bagi masyarakat.

“Kami menghadirkan Tanya321, WhatsApp Chatbot yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya, bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti COVID-19 dan sebagainya.” ujarnya.

Layanan Tanya321 menurut Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan, Maria Endang Sumiwi, hadir sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Kolaborasi ini merupakan lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 silam dengan meluncurkan layanan hotline 321, di mana seluruh pelanggan XL Axiata dapat mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian, cuaca, dan banyak informasi lainnya dari semua tipe ponsel apapun, termasuk ponsel sederhana.

Lebih dari 430 ribu penelpon telah mengakses layanan ini dan mendengarkan lebih dari 280 ribu pesan penting yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat mendukung program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dalam mensosialiasikan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...