Kamis, Juli 18, 2024

XL Axiata Pastikan Jaringan Prima di Jalur Pantura Jateng

Techbiz.id – Di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah, khususnya yang melintasi delapan kota dan kabupaten, mulai dari Brebes hingga Semarang, XL Axiata memastikan jaringan telekomunikasi dan data 4G miliknya dalam kondisi yang prima.

Mengingat jalur tersebut sebagai salah satu urat nadi transportasi di Jawa, XL Axiata pun selalu memastikan kualitas jaringan di jalur sejauh kurang lebih 218 km tersebut, yang terdiri dari jalan nasional dan jalan tol Trans Jawa. Ada sekitar 2.600 BTS 4G di sepanjang jalur tersebut, termasuk 4 mobile BTS.    

Menurut Pj. Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, jalur Pantura di Jawa Tengah ini juga menjadi penopang roda perekonomian di seluruh kota/kabupaten yang dilalui, di mana banyak pelanggan XL Axiata bermukim dan beraktivitas.

“Layanan telekomunikasi dan data yang prima dari XL Axiata tentunya juga sangat dibutuhkan mengingat di sepanjang jalur ini juga tersebar banyak kawasan industri, destinasi wisata, serta pusat-pusat aktivitas produktif lainnya. Karena itu kami selalu siaga memastikan performa jaringan di Pantura,” ucapnya.

Di sepanjang pesisir utara Jawa Tengah bagian barat ini, XL Axiata telah melayani lebih dari 1,8 juta pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten Brebes dengan total lebih dari 450 ribu pelanggan, menyusul Kota/Kab Tegal dengan lebih dari 440 ribu, Kabupaten Pemalang lebih dari 341 ribu. Kabupaten Kendal lebih dari 297 ribu, Kota/Kab Pekalongan lebih dari 185 ribu, dan di Kabupaten Batang terdapat lebih dari 150 ribu.

Jalur ini juga menjadi jalur utama para pemudik yang melakukan perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena itu, guna menjaga kualitas layanan di sepanjang jalur Pantura Jawa Tengah ini, terutama setiap menjelang Ramadan dan libur panjang Lebaran, berbagai upaya terus XL Axiata lakukan, seperti upgrade kapasitasekspansi jaringanperbaikan latency, peningkatan throughput, hingga fiberisasi ke BTS yang menopang.

Selama satu tahun terakhir, XL Axiata juga telah melakukan ekspansi jaringan dengan total sekitar 2.600 BTS 4G yang tersebar di delapan kota serta kabupaten. Lebih dari 580 unit BTS 4G berada di Kabupaten Brebes, lebih dari 490 unit di Kabupaten Tegal, lebih dari 100 unit di Kota Tegal, lebih dari 400 unit di Kabupaten Pemalang, lebih dari 220 unit di Kabupaten Pekalongan, lebih dari 110 unit di Kota Pekalongan, lebih dari 280 unit di Kabupaten Batang, dan lebih dari 380 unit di Kabupaten Kendal. 

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...