Thursday, June 17, 2021
Home Digital Marketing Memahami Konsep Customer Path (Konsep 5A)

Memahami Konsep Customer Path (Konsep 5A)

Must Read

Update Harga Juni 2021: Redmi Note 8 Cuma Sejutaan!

Techbiz.id - Usai dirilis sejak 2 tahun lalu, perubahan harga terus terlihat pada Redmi Note 8, khususnya pada bulan...

Jaringan XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

Techbiz.id - Mendukung industri wisata di Jawa Tengah yang terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara lain di area Magelang, Temanggung,...

Harga dan Spesifikasi Mi 11 Lite Indonesia

Techbiz.id - Tak hanya menghadirkan versi tertinggi, Xiaomi juga merilis 'adik' dari jajaran Mi 11 Series. Dijuluki Mi 11...

Bakal Punya Dua Kamera, Facebook Mulai Garap Smartwatch

Techbiz.id - Jika biasanya Facebook sering kali memberikan update terkait dengan fitur baru dalam jajaran aplikasinya, kali ini informasi...

Infinix Tunda Penjualan Smartphone Note 10 Series

Techbiz.id - Infinix memutuskan menunda penjualan perdana Infinix Note 10 Series, terutama Note 10 Pro, yang seharusnya dimulai bersamaan...

Techbiz.id – Customer Path merupakan sebuah keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk atau menggunakan suatu jasa. Mark Plus, Inc mencetuskan konsep costumer path terbaru, dimana sebelumnya diberi nama Konsep 4A.

Seiringnya berjalan waktu, keputusan konsumen dalam meminang suatu produk bukanlah hal yang dikehendaki oleh diri sendiri. Melainkan mereka membeli berdasarkan keputusan bersama, atau bisa disebut “saran dari teman”.

- Advertisement -

Maka dari itu, konsep 4A ditambahkan satu point lagi yang disebut Advocate.

Bagi Anda yang ingin melakukan iklan di Facebook atau Instagram, memahami konsep 5A ini wajib diterapkan. Mengapa? Karena adalah hal yang sia-sia jika iklan Anda tidak berdampak bagus ke produk atau jasa yang Anda miliki.

Memahami Konsep 5A

Awareness

Awareness adalah keadaan dimana konsumen “sadar” dengan kehadiran produk atau jasa Anda. Mereka mungkin pernah dengar dari teman, melihat iklan Anda, atau memang sudah mengetahui produk atau jasa Anda secara langsung.

Jika kita bicara Facebook Ads, calon konsumen atau pengguna Facebook tidak hanya menscroll timeline mereka, melainkan tetap memperhatikan iklan Anda.

Inilah makanya sebuah materi iklan harus berisi materi yang menarik dan berisi. Dengan tujuan, agar pengguna sadar terhadap kehadiran produk atau jasa Anda di linimasa sosial media mereka.

Appeal

Setelah melewati kondisi aware, calon konsumen akan masuk kedalam tahap appeal. Kondisi ini dimana mereka sudah mulai “kepo” dengan produk atau jasa Anda.

Mereka mulai mencari tahu lebih lanjut dengan mencarinya di Facebook, Instagram, atau bahkan mengunjungi website Anda.

Nah, betapa begitu penting untuk maintance seluruh medsos dan website Anda. Karena mereka yang kepo, bisa saja jatuh cinta dengan keaktifan Anda. Jika tidak aktif, mereka mungkin meninggalkan Anda begitu saja.

Ask

Ini merupakan tahap dimana calon konsumen sudah mulai melirik Anda. Namun mereka masih membutuhkan kepastian atau rincian dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Biasanya mereka mulai meramaikan kolom komentar postingan Anda dengan berbagai pertanyaan. Mulai dari harga, ukuran, ketersediaan, dan lain-lain.

Peran customer service atau Social Media Officer sangat berpengaruh disini. Apakah Anda merasa peduli dengan kehadiran mereka? Atau tidak?.

Setelah mendapatkan informasi yang rinci, calon konsumen akan memasuki tahap action atau aksi.

Act

Nah, kondisi ini merupakan tahapan yang mungkin Anda suka. Yaps, closing! Produk atau jasa Anda dibeli atau digunakan oleh konsumen.

Setelah melewati tiga tahapan, kondisi act merupakan sebuah aksi, dimana calon konsumen sudah percaya dan melakukan order.

Lagi-lagi, peran customer service disini sangat dibutuhkan. Tetap layani konsumen Anda dengan baik, seperti ramah, jawab semua pertanyaan mereka, kirim produk Anda sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, dan lain-lain.

Advocate

Seperti yang sudah kami singgung diatas, costumer path yang sebelumnya hanya ada empat, kini menjadi lima point.

Advocate adalah tahapan dimana konsumen Anda merekomendasikan produk atau jasa kepada teman-temannya. Bagaimana mereka merekomendasikan? Bisa dari Instagram Story mereka, postingan mereka, bahkan mereka langsung berbicara kepada orang terdekatnya.

Bagaimana cara Anda untuk menggiring konsumen untuk merekomendasikan? Berikan mereka reward, mungkin seperti affilate atau promo menarik dari Anda.

Nah, itulah konsep marketing 5A yang Anda harus pahami dan praktikkan. Dengan begitu, bisnis Anda akan berjalan sesuai dengan tujuan dan tentunya mengenerate income yang besar kepada usaha Anda.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Ponsel Pertama Leica, ‘Leitz Phone 1’ Resmi Dirilis

Techbiz.id - Brand asal Jerman, Leica, telah lama berkolaborasi dengan Huawei sebagai partner dalam perangkat besutan Huawei. Namun kini,...

Artikel Terkait