Selasa, April 23, 2024

Memahami Konsep Customer Path (Konsep 5A)

Techbiz.id – Customer Path merupakan sebuah keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk atau menggunakan suatu jasa. Mark Plus, Inc mencetuskan konsep costumer path terbaru, dimana sebelumnya diberi nama Konsep 4A.

Seiringnya berjalan waktu, keputusan konsumen dalam meminang suatu produk bukanlah hal yang dikehendaki oleh diri sendiri. Melainkan mereka membeli berdasarkan keputusan bersama, atau bisa disebut “saran dari teman”.

Maka dari itu, konsep 4A ditambahkan satu point lagi yang disebut Advocate.

Bagi Anda yang ingin melakukan iklan di Facebook atau Instagram, memahami konsep 5A ini wajib diterapkan. Mengapa? Karena adalah hal yang sia-sia jika iklan Anda tidak berdampak bagus ke produk atau jasa yang Anda miliki.

Memahami Konsep 5A

Awareness

Awareness adalah keadaan dimana konsumen “sadar” dengan kehadiran produk atau jasa Anda. Mereka mungkin pernah dengar dari teman, melihat iklan Anda, atau memang sudah mengetahui produk atau jasa Anda secara langsung.

Jika kita bicara Facebook Ads, calon konsumen atau pengguna Facebook tidak hanya menscroll timeline mereka, melainkan tetap memperhatikan iklan Anda.

Inilah makanya sebuah materi iklan harus berisi materi yang menarik dan berisi. Dengan tujuan, agar pengguna sadar terhadap kehadiran produk atau jasa Anda di linimasa sosial media mereka.

Appeal

Setelah melewati kondisi aware, calon konsumen akan masuk kedalam tahap appeal. Kondisi ini dimana mereka sudah mulai “kepo” dengan produk atau jasa Anda.

Mereka mulai mencari tahu lebih lanjut dengan mencarinya di Facebook, Instagram, atau bahkan mengunjungi website Anda.

Nah, betapa begitu penting untuk maintance seluruh medsos dan website Anda. Karena mereka yang kepo, bisa saja jatuh cinta dengan keaktifan Anda. Jika tidak aktif, mereka mungkin meninggalkan Anda begitu saja.

Ask

Ini merupakan tahap dimana calon konsumen sudah mulai melirik Anda. Namun mereka masih membutuhkan kepastian atau rincian dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Biasanya mereka mulai meramaikan kolom komentar postingan Anda dengan berbagai pertanyaan. Mulai dari harga, ukuran, ketersediaan, dan lain-lain.

Peran customer service atau Social Media Officer sangat berpengaruh disini. Apakah Anda merasa peduli dengan kehadiran mereka? Atau tidak?.

Setelah mendapatkan informasi yang rinci, calon konsumen akan memasuki tahap action atau aksi.

Act

Nah, kondisi ini merupakan tahapan yang mungkin Anda suka. Yaps, closing! Produk atau jasa Anda dibeli atau digunakan oleh konsumen.

Setelah melewati tiga tahapan, kondisi act merupakan sebuah aksi, dimana calon konsumen sudah percaya dan melakukan order.

Lagi-lagi, peran customer service disini sangat dibutuhkan. Tetap layani konsumen Anda dengan baik, seperti ramah, jawab semua pertanyaan mereka, kirim produk Anda sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, dan lain-lain.

Advocate

Seperti yang sudah kami singgung diatas, costumer path yang sebelumnya hanya ada empat, kini menjadi lima point.

Advocate adalah tahapan dimana konsumen Anda merekomendasikan produk atau jasa kepada teman-temannya. Bagaimana mereka merekomendasikan? Bisa dari Instagram Story mereka, postingan mereka, bahkan mereka langsung berbicara kepada orang terdekatnya.

Bagaimana cara Anda untuk menggiring konsumen untuk merekomendasikan? Berikan mereka reward, mungkin seperti affilate atau promo menarik dari Anda.

Nah, itulah konsep marketing 5A yang Anda harus pahami dan praktikkan. Dengan begitu, bisnis Anda akan berjalan sesuai dengan tujuan dan tentunya mengenerate income yang besar kepada usaha Anda.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...