Saturday, October 24, 2020
Home Digital Marketing Memahami Konsep Customer Path (Konsep 5A)

Memahami Konsep Customer Path (Konsep 5A)

Must Read

F5 Kenalkan Solusi Berbasis AI Cegah Penipuan Online

Techbiz.id - F5 memperkenalkan Shape AI Fraud Engine (SAFE), solusi SaaS terbaru yang mencegah transaksi penipuan online yang lolos...

Menjadi Content Creator dengan Galaxy A Series

Techbiz.id - Untuk menjadi seorang content creator ternyata tidak harus memiliki smartphone flagship yang mahal. Sebuah ponsel...

PermataBank Syariah Hadirkan Model Branch

Techbiz.id - PermataBank Syariah menghadirkan Model Branch pertama di Indonesia yang bertempat di Gedung Universitas Al-Azhar, Jakarta...

Techbiz.id – Customer Path merupakan sebuah keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk atau menggunakan suatu jasa. Mark Plus, Inc mencetuskan konsep costumer path terbaru, dimana sebelumnya diberi nama Konsep 4A.

Seiringnya berjalan waktu, keputusan konsumen dalam meminang suatu produk bukanlah hal yang dikehendaki oleh diri sendiri. Melainkan mereka membeli berdasarkan keputusan bersama, atau bisa disebut “saran dari teman”.

- Advertisement -

Maka dari itu, konsep 4A ditambahkan satu point lagi yang disebut Advocate.

Bagi Anda yang ingin melakukan iklan di Facebook atau Instagram, memahami konsep 5A ini wajib diterapkan. Mengapa? Karena adalah hal yang sia-sia jika iklan Anda tidak berdampak bagus ke produk atau jasa yang Anda miliki.

Memahami Konsep 5A

Awareness

Awareness adalah keadaan dimana konsumen “sadar” dengan kehadiran produk atau jasa Anda. Mereka mungkin pernah dengar dari teman, melihat iklan Anda, atau memang sudah mengetahui produk atau jasa Anda secara langsung.

Jika kita bicara Facebook Ads, calon konsumen atau pengguna Facebook tidak hanya menscroll timeline mereka, melainkan tetap memperhatikan iklan Anda.

Inilah makanya sebuah materi iklan harus berisi materi yang menarik dan berisi. Dengan tujuan, agar pengguna sadar terhadap kehadiran produk atau jasa Anda di linimasa sosial media mereka.

Appeal

Setelah melewati kondisi aware, calon konsumen akan masuk kedalam tahap appeal. Kondisi ini dimana mereka sudah mulai “kepo” dengan produk atau jasa Anda.

Mereka mulai mencari tahu lebih lanjut dengan mencarinya di Facebook, Instagram, atau bahkan mengunjungi website Anda.

Nah, betapa begitu penting untuk maintance seluruh medsos dan website Anda. Karena mereka yang kepo, bisa saja jatuh cinta dengan keaktifan Anda. Jika tidak aktif, mereka mungkin meninggalkan Anda begitu saja.

Ask

Ini merupakan tahap dimana calon konsumen sudah mulai melirik Anda. Namun mereka masih membutuhkan kepastian atau rincian dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Biasanya mereka mulai meramaikan kolom komentar postingan Anda dengan berbagai pertanyaan. Mulai dari harga, ukuran, ketersediaan, dan lain-lain.

Peran customer service atau Social Media Officer sangat berpengaruh disini. Apakah Anda merasa peduli dengan kehadiran mereka? Atau tidak?.

Setelah mendapatkan informasi yang rinci, calon konsumen akan memasuki tahap action atau aksi.

Act

Nah, kondisi ini merupakan tahapan yang mungkin Anda suka. Yaps, closing! Produk atau jasa Anda dibeli atau digunakan oleh konsumen.

Setelah melewati tiga tahapan, kondisi act merupakan sebuah aksi, dimana calon konsumen sudah percaya dan melakukan order.

Lagi-lagi, peran customer service disini sangat dibutuhkan. Tetap layani konsumen Anda dengan baik, seperti ramah, jawab semua pertanyaan mereka, kirim produk Anda sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, dan lain-lain.

Advocate

Seperti yang sudah kami singgung diatas, costumer path yang sebelumnya hanya ada empat, kini menjadi lima point.

Advocate adalah tahapan dimana konsumen Anda merekomendasikan produk atau jasa kepada teman-temannya. Bagaimana mereka merekomendasikan? Bisa dari Instagram Story mereka, postingan mereka, bahkan mereka langsung berbicara kepada orang terdekatnya.

Bagaimana cara Anda untuk menggiring konsumen untuk merekomendasikan? Berikan mereka reward, mungkin seperti affilate atau promo menarik dari Anda.

Nah, itulah konsep marketing 5A yang Anda harus pahami dan praktikkan. Dengan begitu, bisnis Anda akan berjalan sesuai dengan tujuan dan tentunya mengenerate income yang besar kepada usaha Anda.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Indonesia Punya Daya Tarik Destinasi Investasi Data Center

Techbiz.id - Besarnya pasar domestik yang melek teknologi membuat Indonesia memiliki dayatarik bagi destinasi investasi data center...

TokoKu Irma Sediakan Fasilitas Pembayaran Pay Later

Techbiz.id - Penyedia perangkat lunak IRMA resmi meluncurkan TokoKu, aplikasi yang menyediakan layanan Pay Later untuk dapat digunakan di outletnya.

Huawei Isyaratkan Mate 40 Series Masuk Pasar Indonesia

Techbiz.id - Huawei Indonesia memberikan isyarat perangkat terbarunya Mate 40 series yang baru saja dirilis secara global bisa masuk pasar Indonesia.

PermataBank Syariah Hadirkan Model Branch

Techbiz.id - PermataBank Syariah menghadirkan Model Branch pertama di Indonesia yang bertempat di Gedung Universitas Al-Azhar, Jakarta yang dilengkapi teknologi terbaru PermataBank

5 Perangkat Baru Huawei Lengkapi Gaya Hidup

Techbiz.id - Huawei merilis 5 perangkat terbarunya yang menggabungkan teknologi dan fashion. Kehadiran produk terbaru Huawei tersebut seolah menegaskan bahwa teknologi dan...
- Advertisement -

Artikel Terkait