Sunday, February 28, 2021
Home E-Commerce Tokopedia Kini Jualan Obat

Tokopedia Kini Jualan Obat

Must Read

Smartfren Bagi-bagi Rejeki Wow Buat Pelanggan

Techbiz.id - Setelah sukses dengan program meraih mimpi rumah milyaran di Tahun 2020 dengan Smartfren WOW, kini di Tahun...

20 Industri Sudah Terapkan Aplikasi 5G

Techbiz.id - Sebanyak lebih dari 20 industri saat ini, termasuk manufaktur, perawatan kesehatan, pendidikan, dan logistik dipastikan sudah menerapkan...

Tips Bikin Konten TikTok Pakai Smartphone Sejutaan

Techbiz.id - Aplikasi yang marak di kalangan anak muda, TikTok, kini semakin menjadi perbincangan yang hangat dibicarakan. Di tahun...

Telkomsel Fokus Kembangkan Jaringan untuk Gaya Hidup Digital

Techbiz.id - Telkomsel berkomitmen untuk secara konsisten meneruskan pemerataan akses infrastruktur dan kualitas broadband di seluruh Indonesia sepanjang 2021. Fokus pengembangan jaringan...

Accenture dan VMWare Bikin Group Bisnis Layanan Cloud

Techbiz.id - Accenture dan VMware mengumumkan perluasan kemitraan mereka sekaligus peluncuran Business Group baru untuk mendukung akselerasi dalam pengadopsian...

Techbiz.id – Tokopedia mengumumkan kemitraan strategis denganGoApotik untuk mempermudah masyarakat mendapatkan obat-obatan serta perlengkapan kesehatan, seperti obat bebas dan obat resep, melalui platform digital Tokopedia secara lebih pasti, mudah dan aman.

AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, mengungkapkan, Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk di bidang kesehatan.

- Advertisement -

Tokopedia dikatakan Jessica melihat adanya kebutuhan signifikan dari masyarakat terhadap obat-obatan serta perlengkapan kesehatan di Tokopedia. Menurut data internal, jumlah transaksi pada kategori Kesehatan mengalami kenaikan lebih dari 200 persen dari bulan Juli hingga September 2019.

“Melihat adanya kebutuhan tersebut, Tokopedia kini bekerja sama dengan GoApotik untuk mempermudah masyarakat Indonesia mendapatkan perlengkapan kesehatan secara lebih pasti dan aman. Masyarakat bisa membeli berbagai macam obat, seperti obat bebas dan obat resep, lewat sejumlah mitra apotek resmi dari GoApotik yang telah bergabung di Tokopedia,” lanjut Jessica.

Mitra apotek yang merupakan pegiat UMKM ini diharapkan dipermudah untuk menciptakan peluang lewat berbisnis di Tokopedia, sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati manfaat, keamanan serta kemudahan dari produk obat dan perlengkapan kesehatan di platform Tokopedia.

Tidak hanya itu, masyarakat dapat menebus resep dokter secara online melalui pengunggahan resep pada fitur Chat bersama apoteker setelah melakukan pembayaran. Resep yang diterima akan diperiksa keaslian dan keabsahannya oleh apotek mitra dari GoApotik. Setelah itu, apotek mitra akan membantu menyiapkan obat sesuai resep dan melakukan pengantaran obat bersama mitra logistik Tokopedia ke alamat pembeli.

GoApotik adalah platform aggregator Apotek Online dari PT Global Urban Esensial, salah satu digital healthcare startup, yang di-funded oleh, salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, yang memegang lisensi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan telah menerapkan prinsip-prinsip penyaluran dan pelayanan kefarmasian khususnya obat-obatan melalui e-commerce, salah satunya Tokopedia.

Head of GoApotik, Mohamad Salahuddin, menjelaskan bahwa dengan kerjasama strategis antara GoApotik dan Tokopedia ini adalah langkah strategis untuk bersama-sama menghadirkan pelayanan kefarmasian dan penjualan obat-obatan oleh apotek yang resmi dan obat yang berizin edar serta meningkatkan eksistensi apotek dan peran apoteker di Indonesia di era digital.

“GoApotik memiliki peran sebagai PSEF (Penyedia Sarana Elektronik Farmasi) yang digagas oleh Kementrian Kesehatan, GoApotik berperan untuk menghadirkan apotek yang legal, berlisensi dan terverifikasi, mendorong peran apoteker untuk dapat melayani tanya jawab pasien mengenai obat-obatan yang dibeli dan dikonsumsinya, pelayanan kefarmasian apotek di era digital tetap dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, Tokopedia telah bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran, pengiriman, promosi, serta iklan penjualan obat dan makanan di platform Tokopedia. Hal ini berkaitan dengan perwujudan salah satu DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer, untuk melindung konsumen sekaligus upaya memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat yang memenuhi kebutuhan sehari-harinya melalui Tokopedia.

“Kami menyambut baik langkah Tokopedia dan GoApotik untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan berupa obat bebas. Badan POM terus melakukan pendampingan kepada pelaku usaha demi meningkatkan daya saing produk sekaligus menyediakan akses terhadap obat yang aman, berkhasiat dan bermutu bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Kepala Badan POM RI, Dr. Penny K. Lukito.

Selain itu, kerja sama Tokopedia bersama GoApotik diharapkan dapat membantu masyarakat terhadap akses obat-obatan yang lebih pasti, mudah dan aman, juga dapat membantu pelaku usaha apotek kecil di seluruh Indonesia, untuk meningkatkan daya saing dan pengembangan bisnis  dengan menjangkau pelanggan dan pasien lebih luas lagi. Tokopedia selalu fokus membantu para pegiat UMKM yang merupakan penyumbang lebih dari 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Tingkatkan Aplikasi, Telegram Rilis 3 Fitur Baru

Techbiz.id - Dengan kontroversi mengenai kebijakan privasi WhatsApp, banyak pengguna smartphone memutuskan untuk mencoba layanan lain seperti Telegram. Layanan...

Artikel Terkait