Monday, August 10, 2020
More
    Home E-Commerce TaniHub Bukukan Pertumbuhan GMV Lampaui 200% Pada 2019

    TaniHub Bukukan Pertumbuhan GMV Lampaui 200% Pada 2019

    Must Read

    Tri Indonesia Transformasi Jaringan Hadapi 5G

    Techbiz.id - Tri Indonesia telah berhasil melakukan transformasi jaringan melalui implementasi Packet Core yang terdistribusi di 27...

    Daftar Harga Paket Indihome 2020, Mulai Rp200 ribu!

    Techbiz.id - Paket internet semakin beragam, begitu juga dengan pilihan berlangganan Indihome yang dimulai dengan harga Rp200...

    AyoConnect Bangun Jaringan Tagihan Pertama di Indonesia

    Techbiz.id - Perusahaan teknologi keuangan Indonesia Ayoconnect berhasil menggalang dana sebesar USD5 juta dalam pendanaan Pra-Seri B...

    Techbiz.id – Dalam waktu tiga tahun sejak didirikan pada 2016, TaniHub Group telah mengalami perkembangan yang sangat pesat di berbagai lini dengan membukukan pertumbuhan year-on-year Gross Merchandise Value (GMV) yang mencapai lebih dari 200% pada 2019.

    TaniHub Group saat ini telah memiliki tiga unit usaha, yaitu TaniHub sebagai platform e-commerce hasil tani, TaniFund untuk pendanaan mitra petani, serta TaniSupply yang fokus kepada pengelolaan rantai pasok. TaniSupply merupakan anggota baru dari keluarga TaniHub Group yang baru diluncurkan pada semester dua tahun ini.

    “Dengan adanya entitas tersendiri, kami akan jauh lebih agresif dalam mengembangkan bisnis rantai pasokan pertanian. TaniSupply melakukan proses pembelian dari petani, memproses komoditas di warehouse dari grading sampai quality assurance, dan mendistribusikannya kepada klien maupun pelanggan. Kami ingin berperan penting dalam mengembangkan ekosistem pertanian secara keseluruhan di Indonesia,” kata Vincentius Sariyo, Direktur TaniSupply.

    Upaya TaniHub untuk makin mendekati petani maupun market juga sudah diwujudkan dengan membangun fasilitas distribusi regional (regional distribution center) di lima kota, yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. Saat ini, TaniHub tengah membangun fasilitas pemrosesan dan pengemasan (processing and packing center) di Malang dan berencana menambah satu lagi di tahun depan. Tujuan membangun fasilitas tersebut adalah untuk menjaga konsistensi dan menjamin kualitas produk.

    Untuk menunjang proses bisnis yang semakin cepat dan berkembang, TaniHub sedang mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) baru untuk mengintegrasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi.

    Ke depan, perusahaan rintisan ini berharap dapat menjangkau seluruh kota di Indonesia pada tahun 2022 karena potensi pasar yang masih sangat besar. Berdasarkan data yang diperoleh TaniHub, Indonesia memiliki 5.700 produsen di industri pengolahan makanan (food processing industry) dan lebih dari 30.000 outlet modern retailer (supermarket, hypermarket, dan lain-lain). Saat ini lebih dari 1.6 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan 200.000 outlet hotel, restoran dan catering (horeca) beroperasi di Indonesia. Sementara itu, literasi digital di Indonesia semakin membaik dengan adanya 160 juta lebih pengguna gawai.

    Sejak tiga tahun terakhir, upaya TaniHub untuk menciptakan dampak sosial telah membantu peningkatan produksi petani sebesar 30% dan pendapatan mereka secara umum sebesar 50%. Hingga kini, TaniHub telah bermitra dengan lebih dari 30.000 petani.

    Ivan Arie Sustiawan, CEO dan Co-Founder TaniHub Group, mengatakan, TaniHub memiliki mimpi bahwa suatu hari, para petani Indonesia dapat menikmati hasil yang adil untuk segala kerja keras mereka di ladang, sementara setiap rumah tangga serta usaha dan industri mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat menikmati produk pertanian lokal dengan harga terjangkau.

    “Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi semua stakeholders agar semua lapisan masyarakat mencintai hasil panen dari produsen lokal dan peduli pada pertanian Indonesia,” ujarnya.

    Sebagai bagian dari upaya mewujudkan visi Agriculture for Everyone, TaniHub Group mengajak masyarakat umum, terutama pelajar dan mahasiswa, untuk turut berkontribusi dalam mendukung ekosistem pertanian yang lebih baik melalui sebuah kompetisi desain untuk packing and processing center. Total hadiah yang disediakan untuk pemenang mencapai Rp 75 juta dengan tenggat waktu terakhir pada tanggal 25 Februari 2020 pukul 18.00 WIB. TaniHub menjelaskan lebih detil tentang kompetisi tersebut melalui blog-nya dalam artikel berjudul “Dukung Petani Indonesia Lewat Kompetisi TaniSupply Warehouse Design”.

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Artikel Terbaru

    Daftar Harga Paket Indihome 2020, Mulai Rp200 ribu!

    Techbiz.id - Paket internet semakin beragam, begitu juga dengan pilihan berlangganan Indihome yang dimulai dengan harga Rp200...

    Varian Baru Galaxy A01 Core Bawa RAM Lebih Besar

    Techbiz.id - Samsung Indonesia menghadirkan varian baru Galaxy A01 Core yang mengusung memori lebih besar dari varian sebelumnya. Galaxy...

    XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Nelayan Banten

    Techbiz.id - XL Axiata kembali melakukan Inisiatif peningkatan kapasitas nelayan tradisional melalui pengenalan pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa,...

    XL Axiata Beri Akses Internet untuk Anak Nelayan

    Techbiz.id - XL Axiata memberikan bantuan akses internet bagi anak-anak nelayan Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang agar bisa leluasa mengikuti pembelajaran...

    5 Langkah Mudah Bikin Stiker Cameos Snapchat

    Techbiz.id - Snapchat kini menghadirkan Cameos dalam bentuk stiker yang bisa ditambahkan ke Snap atau story. Cameos sendiri sebenarnya...

    Artikel Terkait