Selasa, April 23, 2024

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Selama 2019

Techbiz.id – Tokopedia hari ini (08/01/20) memaparkan sederet temuan menarik yang memotret perilaku belanja online masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan, sejak berdiri, Tokopedia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat memulai dan menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

Baca juga: Transaksi Emas di Tokopedia Naik 5x Lipat

“Kini kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019,” jelasnya.

Berikut ini adalah tren yang terjadi selama 2019

  • Daerah Paling Bertumbuh – Riset Tokopedia mengungkapkan bahwa 5 daerah Indonesia dengan pertumbuhan penjual paling tinggi, antara lain Sulawesi Utara (162.64%), Maluku Utara (156.46%), Sulawesi Tenggara (154.31%), Nusa Tenggara Timur (144.63%) dan Kalimantan Utara (144.4%). Di sisi lain, 5 daerah Indonesia dengan pertumbuhan pembeli paling tinggi, yaitu Aceh (19.52%), Bali (12.06%), Kalimantan Timur (11.8%), Sulawesi Selatan (11.09%) dan Sulawesi Utara (10.86%).
  • Transaksi Paling Jauh – Dampak pemerataan ekonomi digital pun sudah bisa dirasakan di berbagai penjuru Indonesia. Transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2019 terjadi antara pembeli di Papua yang membeli produk cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh. Sebaliknya, Tokopedia juga mencatatkan adanya transaksi produk sepatu olahraga merek lokal antara pembeli di Aceh dengan penjual di Papua.
  • Kategori Paling Laris – Platform teknologi, seperti Tokopedia, semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari. Selain lebih mudah, riset LPEM FEB UI 2018-2019 menunjukkan bahwa Tokopedia membuat harga 21% lebih murah menurut pembeli. Berikut lima kategori paling populer di tengah masyarakat sepanjang 2019 berdasarkan data internal Tokopedia: Fashion, Rumah Tangga, Handphone dan Tablet, Elektronik, dan Kesehatan.
  • Pembelian Terakhir di 2019 dan Pertama di 2020 – Tokopedia mencatatkan barang terakhir yang dibeli di 2019 adalah diska lepas USB (USB flash drive). Di sisi lain, barang pertama yang dibeli di awal 2020 merupakan produk lokal, yaitu tas rotan bermotif lukis khas Bali. Kini, sudah ada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 97% kecamatan di Indonesia.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...