Friday, February 26, 2021
Home E-Commerce Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Selama 2019

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Selama 2019

Must Read

ASUS Hadirkan Jajaran Laptop ZenBook Terbaru

Techbiz.id - ASUS memperkenalkan tiga laptop ZenBook terbaru dalam acara peluncuran bertajuk "Built For Brilliance", yaitu ZenBook Flip S...

Pekan Depan, Realme Narzo 30A Siap Hadir di Indonesia

Techbiz.id - Setelah sempat merilis desain kotak penjualan terbaru Realme narzo 30A beberapa hari lalu, Realme kali ini mengonfirmasi...

8 Hal yang Terjadi Jika Tak Setuju dengan Kebijakan Baru WhatsApp

Techbiz.id - WhatsApp belum lama ini kembali mengingatkan pengguna soal kebijakan baru mereka. Hal ini dilakukan usai banyaknya pengguna...

Huawei Bangun 50 Persen Jaringan 5G Dunia

Techbiz.id - Dalam sebuah acara pre-briefing Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2021, Huawei menyebutkan lebih dari 140 jaringan 5G komersial...

Game ArcheAge Hadirkan Server Baru Bernama Gene

Techbiz.id - Game rating AAA dari XLGAMES, ArcheAge, memperkenalkan Server Baru “Gene” sebagai salah satu layanan untuk menjangkau ekspansi mereka di...

Techbiz.id – Tokopedia hari ini (08/01/20) memaparkan sederet temuan menarik yang memotret perilaku belanja online masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan, sejak berdiri, Tokopedia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat memulai dan menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

- Advertisement -

Baca juga: Transaksi Emas di Tokopedia Naik 5x Lipat

“Kini kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019,” jelasnya.

Berikut ini adalah tren yang terjadi selama 2019

  • Daerah Paling Bertumbuh – Riset Tokopedia mengungkapkan bahwa 5 daerah Indonesia dengan pertumbuhan penjual paling tinggi, antara lain Sulawesi Utara (162.64%), Maluku Utara (156.46%), Sulawesi Tenggara (154.31%), Nusa Tenggara Timur (144.63%) dan Kalimantan Utara (144.4%). Di sisi lain, 5 daerah Indonesia dengan pertumbuhan pembeli paling tinggi, yaitu Aceh (19.52%), Bali (12.06%), Kalimantan Timur (11.8%), Sulawesi Selatan (11.09%) dan Sulawesi Utara (10.86%).
  • Transaksi Paling Jauh – Dampak pemerataan ekonomi digital pun sudah bisa dirasakan di berbagai penjuru Indonesia. Transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2019 terjadi antara pembeli di Papua yang membeli produk cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh. Sebaliknya, Tokopedia juga mencatatkan adanya transaksi produk sepatu olahraga merek lokal antara pembeli di Aceh dengan penjual di Papua.
  • Kategori Paling Laris – Platform teknologi, seperti Tokopedia, semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari. Selain lebih mudah, riset LPEM FEB UI 2018-2019 menunjukkan bahwa Tokopedia membuat harga 21% lebih murah menurut pembeli. Berikut lima kategori paling populer di tengah masyarakat sepanjang 2019 berdasarkan data internal Tokopedia: Fashion, Rumah Tangga, Handphone dan Tablet, Elektronik, dan Kesehatan.
  • Pembelian Terakhir di 2019 dan Pertama di 2020 – Tokopedia mencatatkan barang terakhir yang dibeli di 2019 adalah diska lepas USB (USB flash drive). Di sisi lain, barang pertama yang dibeli di awal 2020 merupakan produk lokal, yaitu tas rotan bermotif lukis khas Bali. Kini, sudah ada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia yang tersebar di 97% kecamatan di Indonesia.
- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Update Harga Realme Narzo 2021, Turun Rp400 ribu!

Techbiz.id - Dirilis pada tahun 2020 lalu, harga Realme Narzo kini sudah mengalami perubahan. Apalagi hanya tinggal menghitung hari...

Artikel Terkait