Thursday, June 17, 2021
Home Telco XL Buktikan Kehandalan Jaringannya

XL Buktikan Kehandalan Jaringannya

Must Read

SMI Pasarkan Produk Penyimpanan Milik TEAMGroup

Techbiz.id - PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) mengumumkan kemitraan terbarunya sebagai Authorized Distributor oleh TEAM Group Inc (TEAMGroup) untuk...

Kaya Akan Fitur, Mi Smart Band 6 Dibanderol Rp600 Ribu

Techbiz.id - Bersamaan dengan merilis dua anggota baru dari Mi 11, Xiaomi Indonesia juga memperkenalkan generasi Smart Band terbaru,...

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Ultra Indonesia

Techbiz.id - Situasi pandemi tak menghalangi Xiaomi untuk merilis perangkat Flagship andalannya. Dikenal sebagai Xiaomi Mi 11 Ultra, smartphone...

SmartThings Punya Interface Terbaru yang Lebih Dinamis

Techbiz.id - Samsung Electronics baru-baru ini mengumumkan peluncuran SmartThings generasi terbarunya yang menghadirkan interface terbaru dengan beberapa peningkatan. Sebagai bagian...

BukuWarung Dapat Pendanaan Rp870 miliar

Techbiz.id - BukuWarung meraih pendanaan Series A senilai USD60 juta atau setara Rp870 miliar. Seri pendanaan ini dipimpin oleh...

Techbiz.id – XL Axiata berupaya menunjukkan peningkatan kualitas jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi dengan menggelar kompetisi digital “DigiRace 2020” secara serentak di luar Jawa.

(Plt) Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, program fiberisasi jaringan terus dilaksanakan dan hingga saat ini telah menjangkau wilayah yang semakin luas, terutama di luar Jawa.

- Advertisement -

“Di ajang Digirace putaran keempat ini, kami sengaja selenggarakan di tiga kota utama luar Jawa di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang sekaligus menunjukkan keseriusan XL Axiata dalam meningkatkan kualitas layanan data sekaligus menyiapkan jaringan menyongsong implementasi layanan 5G di masa mendatang,” tuturnya.

Secara teknis, dijelaskan Gede, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber. Termasuk dalam proses ini adalah melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Keunggulan teknologi 5G ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan jaringan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibukota provinsi di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dan kota-kota besar, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

Secara nasional, hingga akhir tahun 2019, sekitar 50% BTS telah terhubung dengan jaringan fiber. Target hingga akhir 2020, fiberisasi akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 70% BTS. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.

Gede mengatakan, fiberisasi yang terus berlangsung telah terbukti mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G XL Axiata.

“Melalui program “DigiRace 2020” ini XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi dengan lebih stabil,” pungkasnya.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Dari Smartwatch Hingga Aksesori Gaming, Realme Ramaikan Pasar AIoT Indonesia

Techbiz.id - Tak hanya sebuah smartphone 5G, realme Indonesia juga turut menghadirkan serangkaian produk AIoT. Jajaran produk AIoT ini...

Artikel Terkait