Sabtu, April 13, 2024

Kantongi Pendapatan 29,2 Triliun, XL Axiata Bagikan Dividen Rp 551,7 Miliar

Techbiz.id – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2023 PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyetujui pembagian dividen untuk pemegang saham sebesar Rp 551,7 miliar atau 50% dari keuntungan setelah penyesuaian.

“Tahun ini, Rapat kembali menyetujui penggunaan 50% dari keuntungan setelah penyesuaian, untuk dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham. Keputusan perseroan untuk memberikan dividen merupakan wujud apresiasi kepada pemegang saham yang telah mendukung perusahaan untuk dapat terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini,” ungkap Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini. 

Total dividen ini dijelaskan Dian kurang lebih sebesar Rp 551,7 miliar yang setara dengan Rp 42 per saham. Sisa dari keuntungan lainnya akan dipergunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum dan selebihnya dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Alokasi Cadangan Umum yang disetukui dalam rapat tersebut sebesar Rp 100.000.000 (seratus juta Rupiah), dan Rp 557.613.000.000 (lima ratus lima puluh tujuh milyar enam ratus tiga belas juta Rupiah) (dibulatkan) untuk dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Dalam paparan publik hasil rapat, XL Axiata melaporkan bahwa oerseroan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp29,2 triliun dan tumbuh sebesar 9 persen jika dibandingkan tahun lalu. Sementara itu perseroan juga mencatatkan EBITDA Rp14,2 triliiun yang tumbuh konsisten sebesar 7 persen.

Rapat juga menyetujui perubahan susunan Direksi. Perubahan ini terkait penggantian Direktur Keuangan seiring dengan mundurnya Budi Pramantika. Sebagai penggantinya adalah Feiruz Ikhwan, seorang profesional yang sebelumnya berkarir di sejumlah perusahaan di bawah Axiata Group Bhd, termasuk di XL Axiata.

Sebelum bergabung kembali ke XL Axiata, Feiruz Ikhwan menjabat sebagai Chief Financial Officer  dan Acting CEO Smart Axiata di Kamboja.

Baca juga:

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...