Jumat, Desember 9, 2022

Pendapatan Naik 13,9%, MTDL Tebar Dividen Rp90,85 Miliar

Techbiz.id – Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) memutuskan untuk membagikan dividen sebesar total Rp90,85 miliar atau sekitar 25% dari laba bersih tahun 2020 yang tercatat sebesar Rp364,9 miliar.

“Melalui RUPST kami telah memutuskan untuk meningkatkan rasio dividen dari 22,7% menjadi sekitar 25% sejalan dengan upaya meningkatkan kesejahteraan pemegang saham dimana secara nominal juga naik 12,1% dari total dividen yang dibagikan pada RUPST 2019 lalu,” ungkap Presiden Direktur MTDL, Susanto Djaja.

Sejalan dengan percepatan transformasi digital akibat pandemi, dari sisi kinerja keuangan per akhir Kuartal I-2021, MTDL berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp3,9 triliun atau meningkat 13,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu Rp3,4 triliun.

Hal ini disebutkan berasal dari pertumbuhan pendapatan di kedua lini bisnis MTDL, yaitu lini bisnis Distribusi yang pada Kuartal I-2021 meraih pertumbuhan pendapatan 14,3% YoY, serta lini bisnis Solusi dan Konsultasi yang naik 11,7% YoY.

Baca juga: Laba Bersih Metrodata Tumbuh 2,3% di Semester I 2020

Direktur MTDL, Randy Kartadinata menambahkan, masing-masing lini bisnis MTDL turut memberikan kontribusi yang positif berkat diversifikasi produk dan jasa yang ditawarkan. Dari unit bisnis Distribusi, salah satunya peningkatan penjualan berasal dari smartphone yaitu sebesar 93,0% dibandingkan dengan Kuartal-I tahun sebelumnya.

Di sisi lain, unit bisnis Solusi dan Konsultasi membukukan pertumbuhan pendapatan berulang (recurring revenue) sebesar 22,6% pada Kuartal I-2021 dari layanan Cloud, IT Security dan juga Digital Business Application serta layanan lainnya.

Saat ini kontribusi dari pendapatan berulang mencapai 40% dari total pendapatan unit bisnis tersebut dan diharapkan akan terus bertumbuh di masa mendatang. Pada Kuartal I-2021 yang lalu, MTDL juga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp121,6 miliar, meningkat sebesar Rp27,3 miliar atau naik 29,0% YoY.”

“Ke depan, sejalan dengan pengalamannya yang memasuki tahun ke 46, MTDL akan terus menggali berbagai potensi bisnis di bidang teknologi dengan menyediakan delapan pilar solusi MTDL, yaitu Cloud Services, Big Data & Analytics, Security, Hybrid IT Infrastructure, Business Application, Digital Business Platform, Consulting & Advisory Services, Managed Services, serta mendukung pembaharuan hardware dan software dalam membantu proses transformasi digital di berbagai perusahaan, sehingga bisa terus mendukung Indonesia ke arah Industri 4.0,” tutup Susanto.

Terkait

Artikel Terkait

UMKM Butuh Identitas Digital untuk Integrasi Digital

Techbiz.id - Pada proses digitalisasi UMKM, identitas digital dipercaya dapat menjadi kunci UMKM dalam mengakses berbagai layanan platform digital....