Sunday, September 20, 2020
Home News Q2 Bisnis Distribusi Metrodata Terdampak Pandemi Covid-19

Q2 Bisnis Distribusi Metrodata Terdampak Pandemi Covid-19

Must Read

Harga dan Spesifikasi Realme 7 di Indonesia

Techbiz.id - Tanpa henti, Realme terus merilis perangkat baru. Kini giliran Realme 7 yang melenggang di Indonesia...

Grab Punya Teknologi Cegah Pengemudi Berkerumun

Techbiz.id - Grab mengimbau pengemudinya untuk tidak berkerumun dengan mengenalkan teknologi geofencing. Teknologi...

Kingston Hadirkan Flash Drive Bertema Badminton

Kingston mengembangkan USB flash drive bertema badminton dengan desain unik yang mencerminkan popularitas olahraga tersebut di Indonesia

Techbiz.id – Pada Kuartal II-2020, PT Metrodata Electronics Tbk (“Metrodata”/“MTDL”) merasakan dampak pandemi Covid-19 yang lebih pada unit bisnis Distribusi dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dampak ini menurut Randy Kartadinata, Direktur MTDL, dikarenakan sebagian toko pelanggan tutup khususnya di Jabodetabek dan Pulau Jawa, namun sebagian dari toko tersebut masih melakukan penjualannya melalui online. Sementara penjualan kepada para pelanggan di luar Pulau Jawa masih berjalan dengan baik.

- Advertisement -

Padahal, pada Kuartal I-2020, MTDL dijelaskan Randy mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp94,3 miliar, atau naik 10,1% YoY dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp85,6 miliar.

MTDL juga membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 4,9% YoY dari Rp3,2 triliun di Kuartal I-2019 menjadi Rp3,4 triliun di Kuartal I-2020. Serta di tengah ketidakpastian ekonomi akibat Covid-19, MTDL mampu membukukan pertumbuhan penjualan di unit bisnis Solusi & Konsultasi sebesar 15,4% dan unit bisnis Distribusi sebesar 1,4%.

Pertumbuhan tersebut didukung dengan adanya upaya diversifikasi yang dilakukan masing-masing unit bisnis, Sumber Daya Manusia, serta manajemen yang baik dalam proses penjualan, pelaksanaan implementasi, dan proses penagihan.

Di sisi lain, unit bisnis Solusi & Konsultasi Perseroan yang menjual produk-produk TIK kepada banyak perusahaan di Indonesia masih bertumbuh, sejalan dengan dukungan untuk memastikan kemampuan para karyawan dari perusahaan pelanggan untuk bekerja di rumah.

Para pelanggan utama dari bisnis Solusi & Konsultasi Perseroan berasal dari industri perbankan, telekomunikasi dan lainnya yang sebagian besar tidak terlalu terdampak terhadap pandemi Covid-19 ini.

“Diharapkan semakin banyak perusahaan yang membutuhkan layanan terkait transformasi digital yang menjadi salah satu dasar bagi kami untuk terus tumbuh secara berkelanjutan, serta menjadi perusahaan penyedia teknologi digital terpercaya,” tutupnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Cara Menghindari Komen Haters di Twitter

Techbiz.id - Pengguna Twitter bisa mengatur percakapan atau pun menghindari komen yang tidak diinginkan di cuitannya dari...

Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Tecbiz.id - Dari tahun ke tahun, terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada industri e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku...

Mi TV Stick Mengubah TV Biasa jadi Pintar

Techbiz.id - Xiaomi menghadirkan Mi TV Stick yang bisa dengan mengubah layar biasa menjadi TV pintar Dengan menggunakan...

Update Harga Redmi Note 9, Ada Harga Khusus

Techbiz.id - Xiaomi mengumumkan harga baru untuk smartphone Jawara Kamera 48MP yakni Redmi Note 9. Hal ini diharapkan bisa membuat seri Jawara makin...

Tren Memadukan Gawai dengan Warna Pakaian

Techbiz.id - Anak muda saat ini menyenangi mix and match pakaian guna menyesuaikan warna sepatu, tas, bahkan perangkat genggam (gawai) miliknya.
- Advertisement -

Artikel Terkait