Sabtu, September 18, 2021
Beranda News Tisa, Platform Digital untuk Penyandang Disabilitas

Tisa, Platform Digital untuk Penyandang Disabilitas

Must Read

OPPO dan Tim Renang Indonesia Kampanyekan Hidup Sehat

Techbiz.id - Menggandeng tim renang Indonesia, OPPO Find X3 Pro 5G kembali menggelar kampanye OPPO Find Health untuk mendorong...

Bocoran Ungkap Wujud Samsung Galaxy S21 FE

Techbiz.id - Tahun ini, Samsung diharapkan merilis model favorit penggemar lagi yang dilabeli sebagai Galaxy S21 Fan Edition (FE)....

Tri Sediakan Paket Data Terjangkau untuk Mahasiswa

Techbiz.id - Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud), Tri Indonesia...

Realme Melejit di Pasar Asia Tenggara

Techbiz.id - Tak butuh waktu yang lama bagi Realme untuk mencatatkan rekor sebagai brand smartphone dengan pertumbuhan tercepat di...

ByU Tawarkan Paket Roaming di Sejumlah Negara

Techbiz.id - Sejak diluncurkan pada bulan Oktober lalu, by.U telah mengeluarkan berbagai fitur dan penawaran paket baru. Di masa...

5G Butuh Lebar Pita 100Mhz Agar Layak Secara Bisnis

Techbiz.id - Untuk menggelar layanan 5G menurut pakar telekomunikasi dibutuhkan lebar pita yang cukup luas yakni minimal 100Mhz agar...

Techbiz.id – PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) meluncurkan  platform  digital  yang  dirancang  untuk penyandang disabilitas bernama TISA bersama dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai. 

Platform digital ini berupa  chatbot  yang  dirancang untuk mensimulasikan percakapan  intelektual  melalui  kemampuan  artificial  intelligence. 

Sebagai  perusahaan  TIK,  MTDL  memberikan  sumbangsih  dalam  mengimplementasikan  dan  mengintegrasikan  chatbot  melalui  aplikasi  WhatsApp  kepada ThisAble Enterprise.

Baca juga: Laba Bersih Metrodata Tumbuh 2,3% di Semester I 2020

Presiden  Direktur  MTDL, Susanto  Djaja menjelaskan, sebagai  bentuk  kepedulian  terhadap  kesetaraan  hidup  penyandang  disabilitas,  Metrodata memberikan kontribusinya dalam melakukan  implementasi  chatbot bernama TISA berkolaborasi  dengan  ThisAble Enterprise dan Kata.ai.

TISA  sendiri  akan  terbagi  menjadi tiga fungsi,  yaitu TISA  sebagai  Customer  Service,  Learning Center,  dan  Collection  Reminder.

platform digital penyandang disabilitas

“Layanan Customer Service berbasis messenger sudah berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan  para disabilitas,” imbuhnya. 

Program chatbot dalam modul Customer Service ini  berupa registrasi anggota ThisAble serta pengaduan  layanan disabilitas. Seperti masalah  hukum, transportasi, sosial, pendidikan, seksual, 
keamanan, dan sebagainya. 

Pengembangan  modul  selanjutnya  akan  terus dilakukan untuk  dapat membantu teman‐teman  penyandang  disabilitas  dalam  meningkatkan  kompetensi/keahliannya  serta  memperoleh 
pekerjaan. 

Aplikasi TISA ini akan dikembangkan pula untuk membantu memberikan notifikasi tagihan baik kepada penyandang disabilitas  maupun kepada mitra pemberi kerja.  

“Aplikasi TISA ini diharapkan dapat terus membantu dan menjawab  kebutuhan informasi teman disabilitas untuk mendapatkan akses pendidikan dan pekerjaan serta pengaduan ke Kementerian Sosial  dan Ketenagakerjaan sehingga mereka mendapatkan hak dan kesetaraan sosial,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

OPPO dan Tim Renang Indonesia Kampanyekan Hidup Sehat

Techbiz.id - Menggandeng tim renang Indonesia, OPPO Find X3 Pro 5G kembali menggelar kampanye OPPO Find Health untuk mendorong...