Kamis, Mei 9, 2024

XL Axiata Bagikan Dividen Rp 339,4 Miliar

Techbiz.id – Berdasarkan hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2021 yang digelar XL Axiata pada Jumat (23/4), menyetujui pembagian dividen untuk pemegang saham sebesar 50% dari keuntungan setelah penyesuaian, perubahan atas susunan Dewan Komisaris, serta penambahan bidang usaha Perseroan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam paparan publik mengatakan, Totalnya dividen ini kurang lebih sebesar Rp339,4 miliar yang atau setara dengan Rp31,7 per saham.

“Sisa dari keuntungan lainnya akan kami pergunakan sebagai Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp 100 juta dan selebihnya dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan,” jelasnya.

Lebih lanjut, rapat juga menyetujui Alokasi Cadangan Umum sebesar Rp100.000.000 (seratus juta Rupiah), serta menyetujui sisa Rp 32.047.000.000 (tiga puluh dua miliar empat puluh tujuh juta Rupiah) (dibulatkan) untuk dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Dalam paparan Publik Dian juga menyebutkan bahwa pendapatan XL mencapai Rp 26 triliun yang merupakan peningkatan 3%. Kemudian EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) adalah yang tertinggi dengan kenaikan 31% dan mencapai jumlah Rp 13 triliun. Sedangkan laba bersih XL Axiata dinormalisasi sebesar Rp 679 miliar dan Return on invested capital (ROIC) dinormalisasi sebesar 4,6% di tahun 2020.

Rapat juga menerima pengunduran diri dan memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (acquit et de charge) kepada Tan Sri Jamaludin bin Ibrahim sebagai anggota Komisaris Perseroan.

Dengan diterimanya pengunduran diri tersebut, maka susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat ini adalah sebagai berikut:

Presiden Komisaris: ​Dr. Muhamad Chatib Basri

Komisaris ​:

  • Vivek Sood
  • ​​​​Dr. David R. Dean
  • Dato’ Mohd Izzaddin bin Idris
  • Dr. Hans Wijayasuriya

Komisaris Independen ​:

  • Yasmin Stamboel Wirjawan
  • ​​​​​Muliadi Rahardja
  • Julianto Sidarto

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...