Rabu, April 24, 2024

Telkomsel Hadirkan Solusi Manajemen Aset Berbasis IoT

Techbiz.id – Telkomsel memperkenalkan layanan Asset Performance Management, sebuah solusi end-to-end berbasis Internet of Things (IoT) untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam mewujudkan “Making Indonesia 4.0”.

Solusi tersebut dapat digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk ataupun aset perusahaan seperti suhu, kelembapan dan tekanan udara secara real-time.

Disampaikan GM IoT Smart Connectivity Telkomsel, Alfian Manullang, solusi ini sudah dilakukan proof of concept maupun proof of commercial dan use casenya bisa dilakukan untuk beberapa industri seperti farmasi, FMCG, manufaktur, distribusi serta airlines.

“Solusi Asset Performance Management ini bisa dimonitor secara realtime melalui web ataupun aplikasi mobile apakah aset tersebut dalam kondisi terbaik, teperatur, suhu, kelembapan dan lokasinya,” jelas Alfian.

Lebih lanjut dijelaskan Alfian, solusi ini menawarkan beberapa benefit, diantaranya adalah otomasi, visiblity realtime (24/7), monitoring cost yang mungkin teradi, indikasi jika aset hilang atau tidak pada tempatya, supply chain delivery secara optimal serta notifikasi alert secara real time.

Untuk menggunakan solusi ini Telkomsel menyediakan dua perangkat keras yang saling terhubung dengan koneksi bluetooth low energy dengan jangkauan optimal hingga 50 meter sehingga akan memudahkan untuk instalasi karena tidak membutuhkan sambungan kabel.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...