Wednesday, October 21, 2020
Home Telco Facebook Garap Proyek Konektivitas di Indonesia

Facebook Garap Proyek Konektivitas di Indonesia

Must Read

XL Axiata Gunakan SAP untuk Efisiensi Perusahaan

Techbiz.id – XL Axiata menggunakan SAP S/4 HANA Cloud sebagai bagian dari strategi perusahaan menjadi pelopor di...

Terpaut Rp1 Juta, Ini Perbedaan Realme 7 dan Realme 7 Pro

Techbiz.id - Hanya berselang sebulan dari peluncuran Realme 7, Realme sudah merilis versi Pro di Tanah Air....

Combat Telkomsel Jelajahi Pelosok Negeri

Techbiz.id - Infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT) kerap digunakan Telkomsel dalam upayanya menghadirkan jaringan broadband di pelosok wiayah 3T...

Techbiz.id – Facebook mengemban misi membangun konektivitas untuk membantu menghubungkan 3,5 miliar orang, termasuk di Indonesia yang belum memiliki koneksi internet.

Untuk membangun konektivitas tersebut, di Indonesia, Facebook menggandeng Alita membangun 3.000 kilometer kabel fiber untuk menghubungkan lebih dari 1.000 titik jaringan di Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

- Advertisement -

Pembangunan kabel fiber ini adalah investasi terbesar Facebook di Asia hingga saat ini.

Kabel fiber tersebut nantinya akan menyediakan layanan akses internet cepat ke lebih dari 10 juta pengguna. Alita akan memiliki, membangun, memelihara dan mengoperasikan jaringan dan menyediakan kapasitas grosir untuk MNO dan ISP.

Baca juga: Facebook Suntik Dana ke Gojek

Facebook juga memiliki dua kemitraan Wi-Fi Express di Indonesia. Januari 2020, Facebook menggandeng BaliTower, untuk menyediakan layanan Wi-Fi yang tersedia di lebih dari 100 bangunan komersial dan 3.000 kutub mikro sel di seluruh Jabodetabek dan Bali.

Infrastruktur BaliTower yang ada akan mendukung konektivitas dan layanan langsung untuk pelanggan Express Wi-Fi.

Sejak tahun 2016, Facebook juga telah bermitra dengan D-Net, dengan mengerahkan sekitar 170 titik akses di sekitar Gunung Bromo di Jawa Timur menggunakan platform Express Wi-Fi untuk menyediakan layanan Wi-Fi.

Pada tahun 2018, Facebook dan XL melakukan uji coba Terragraph (teknologi nirkabel gigabit) di Kota Tua untuk menyediakan akses WiFi publik kepada ribuan pengguna selama Asian Games.

Terragraph menggunakan pita 60GHz yang tidak berlisensi di sejumlah negara di seluruh dunia, dan pada bulan April, KOMINFO mengeluarkan rancangan peraturan 60GHz untuk konsultasi publik. Facebook tetap berharap bahwa peraturan final akan segera diterbitkan.

Dengan Indosat Ooredoo, Facebook meluncurkan “Internet1O1”, kampanye nasional yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi internet seluler di Indonesia, dan membantu pengguna internet pertama kali mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman online mereka.

Baca juga: Indosat dan Facebook Kampanyekan Penggunaan Internet

Program ini bekerja erat dengan pengecer lokal untuk menyediakan akses internet ke lebih banyak orang online.

Pengecer yang ada di kalangan masyarakat lokal diberikan pelatihan dan konten lokal untuk membantu orang yang belum pernah menggunakan internet dan platform sosial.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Grab Sediakan Produk Proteksi Rawat Inap

Techbiz.id - Grab Financial Group (GFG) meluncurkan Hospital Cash Cover, produk proteksi rawat inap pertama untuk para pengguna,...

Aplikasi KESAN Luncurkan Marketplace Ramah Santri

Techbiz.id - Menyambut Hari Santri Nasional (22 Oktober), aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) resmi meluncurkan fitur Umat Market (U-Mart).

XL Axiata Gunakan SAP untuk Efisiensi Perusahaan

Techbiz.id – XL Axiata menggunakan SAP S/4 HANA Cloud sebagai bagian dari strategi perusahaan menjadi pelopor di industri telko dan memimpin transformasi...

Oppo Perluas Portofolio Rangkaian Produk IoT

Techbiz.id - Oppo terus memperluas portofolionya di pasar IoT dengan meluncurkan serangkaian produk terbarunya dalam acara yang mengambil tema "One More Step".

LinkAja Sediakan Pembayaran Digital di Banyuwangitourism

Techbiz.id - Mendukung sektor pariwisata Banyuwangi, LinkAja menghadirkan solusi pembayaran elektronik pada aplikasi Banyuwangitourism. Banyuwangi yang telah beberapa kali mendapatkan...
- Advertisement -

Artikel Terkait