Friday, June 25, 2021
Home Telco Facebook Garap Proyek Konektivitas di Indonesia

Facebook Garap Proyek Konektivitas di Indonesia

Must Read

Rekomendasi 5 Ponsel Oppo untuk Menikmati 5G Indosat

Techbiz.id - Hadir di spektrum yang berbeda dengan layanan 5G yang dihadirkan oleh Telkomsel, OPPO memiliki rekomendasi beberapa ponsel...

Telkomsel nGage Tingkatkan Komunikasi Korporasi dengan Pelanggan

Techbiz.id - Inovasi terbaru di bidang Communication Platform as a Service (CPaaS) bernama nGage dikenalkan Telkomsel buat pelanggan korporatnya untuk meningkatkan...

Rukita Mods, Hunian dengan Perangkat Gaming Lengkap

Techbiz.id - Para gamers kini bisa memiliki hunian yang dapat memanjakan aktivitas mereka dengan adanya Rukita Mods, fitur baru yang...

70Mai Tawarkan DashCam dengan Banyak Fitur Canggih

Techbiz.id - 70mai.co.ltd perusahaan berbasis di Cina, merilis perangkat Dashcam terbaru yaitu  70Mai Car Dash Camera Pro Plus. Di...

Cocok untuk Semua Kalangan, Simak Kemampuan ASUS VivoBook 15 (A516)

Techbiz.id - Sebuah laptop yang dirancang untuk semua kalangan yakni VivoBook 15 (A516) kembali diperkenakan ASUS dengan ukuran layar...

Techbiz.id – Facebook mengemban misi membangun konektivitas untuk membantu menghubungkan 3,5 miliar orang, termasuk di Indonesia yang belum memiliki koneksi internet.

Untuk membangun konektivitas tersebut, di Indonesia, Facebook menggandeng Alita membangun 3.000 kilometer kabel fiber untuk menghubungkan lebih dari 1.000 titik jaringan di Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pembangunan kabel fiber ini adalah investasi terbesar Facebook di Asia hingga saat ini.

Kabel fiber tersebut nantinya akan menyediakan layanan akses internet cepat ke lebih dari 10 juta pengguna. Alita akan memiliki, membangun, memelihara dan mengoperasikan jaringan dan menyediakan kapasitas grosir untuk MNO dan ISP.

Baca juga: Facebook Suntik Dana ke Gojek

Facebook juga memiliki dua kemitraan Wi-Fi Express di Indonesia. Januari 2020, Facebook menggandeng BaliTower, untuk menyediakan layanan Wi-Fi yang tersedia di lebih dari 100 bangunan komersial dan 3.000 kutub mikro sel di seluruh Jabodetabek dan Bali.

Infrastruktur BaliTower yang ada akan mendukung konektivitas dan layanan langsung untuk pelanggan Express Wi-Fi.

Sejak tahun 2016, Facebook juga telah bermitra dengan D-Net, dengan mengerahkan sekitar 170 titik akses di sekitar Gunung Bromo di Jawa Timur menggunakan platform Express Wi-Fi untuk menyediakan layanan Wi-Fi.

Pada tahun 2018, Facebook dan XL melakukan uji coba Terragraph (teknologi nirkabel gigabit) di Kota Tua untuk menyediakan akses WiFi publik kepada ribuan pengguna selama Asian Games.

Terragraph menggunakan pita 60GHz yang tidak berlisensi di sejumlah negara di seluruh dunia, dan pada bulan April, KOMINFO mengeluarkan rancangan peraturan 60GHz untuk konsultasi publik. Facebook tetap berharap bahwa peraturan final akan segera diterbitkan.

Dengan Indosat Ooredoo, Facebook meluncurkan “Internet1O1”, kampanye nasional yang bertujuan untuk meningkatkan adopsi internet seluler di Indonesia, dan membantu pengguna internet pertama kali mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman online mereka.

Baca juga: Indosat dan Facebook Kampanyekan Penggunaan Internet

Program ini bekerja erat dengan pengecer lokal untuk menyediakan akses internet ke lebih banyak orang online.

Pengecer yang ada di kalangan masyarakat lokal diberikan pelatihan dan konten lokal untuk membantu orang yang belum pernah menggunakan internet dan platform sosial.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Indosat Gunakan Platform Telenor Hadirkan Facebook Mobile Center

Techbiz.id – Menjalin kemitraan strategis dengan Telenor Digita, Indosat Ooredoo akan menggunakan platform global milik Telenor Digital, Millom,...

Artikel Terkait