Sunday, March 7, 2021
Home Telco Telkomsel Bantu UMKM Lebah untuk Lebih Inovatif

Telkomsel Bantu UMKM Lebah untuk Lebih Inovatif

Must Read

Meluncur Lusa, Ini Prediksi Harga Realme Narzo 30A

Techbiz.id - Hanya tinggal menghitung hari dari jadwal peluncuran Realme Narzo 30A di Indonesia. Sesuai DNA-nya, generasi baru Realme...

Harus Dihindari, Ini 51 Fintech Ilegal versi OJK di Februari 2021

Techbiz.id - Satgas Waspada Investasi (SWI) kembali menemukan 51 fintech peer to peer (P2P) lending alias pinjaman online ilegal...

PayFazz Gelontorkan USD30 Juta Kembangkan Infrastruktur Pembayaran

Techbiz.id - PAYFAZZ mengumumkan investasi strategis-nya sebesar USD30 juta terhadap Xfers, fintech berbasis Singapura yang menyediakan akses keuangan untuk...

Oppo Find X3 Pro Jadi Smartphone dengan Satu Miliar Warna

Techbiz.id - Oppo Find X3 Pro yang akan diluncurkan pada Kamis 11 Maret 2021 mendatang diyakini akan menjadi smartphone...

Aturan Turunan PP Postelsiar Harus Redam Konten Negatif

Techbiz.id - setelah terbitnya PP No 46 tahun 2021 tentang Postelsiar tantangannya sekarang adalah bagaimana Pemerintah dapat membuat aturan...

Techbiz.id – Telkomsel bersama The Local Enabler melakukan program pembinaan dan pendampingan bisnis inovatif seputar perlebahan.

Program yang dilakukan Telmomsel bersama The Local Enabler, sebagai sebuah komunitas social enterprise ini berupa kegiatan coaching yang dilakukan secara daring.

- Advertisement -

Kegiatan ini menurut Vice President Consumer Sales Jabotabek Jabar Telkomsel, Tuty Rahma Afriza, merupakan bentuk dukungan Telkomsel melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), dalam merespon dampak yang ditimbulkan karena pandemic covid-19.

Kali ini Telkomsel membantu para pelaku bisnis UMKM lebah untuk lebih agile, adaptif dan inovatif dalam mengembangkan ekosistem produksinya. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kebutuhan produk lebah seperti madu  meningkat pesat. Ini merupakan potensi pasar yang sangat menjanjikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Tuty, Telkomsel sangat mendukung program tersebut, apalagi saat ini perawatan ekosistem lebah sudah semakin maju dan mulai memanfaatkan teknologi IoT (internet of Things) untuk mengontrol kondisi koloni lebah yang dibudidaya.

Telkomsel Bantu UMKM Lebah

Program ini sendiri diikuti oleh 80 peserta se-Indonesia, dimana 40 diantaranya merupakan pelaku usaha atau yang mengembangkan ekosistem perlebahan di wilayah Jabotabek Jabar dan Banten.

Program kerjasama Telkomsel dan The Local Enabler ini digelar dari bulan Juli sampai September 2020. Nantinya sebanyak 80 peserta akan mendapatkan coaching setiap minggunya selama tujuh kali dan pendampingan oleh para ahli di bidangnya.

Berbagai materi dari mulai perancangan, pengelolaan  hingga peningkatan kapabilitas manajemen usaha di industri perlebahan ini diberikan kepada peserta.

Tujuan program inkubasi ini tentu tidak hanya faktor peningkatan ekonomi semata, tetapi juga di aspek konservasi alam, karena  para petani lebah juga harus mampu menjaga dan melestarikan ekosistem alam dan habitat tempat lebah di budidaya.

Lebih lanjut Tuty juga menambahkan bahwa produk dari lebah memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu pentingnya menjaga ekosistem lebah agar tetap dapat menghasilkan produk seperti madu, propolis, bee pollen dan lainnya dengan kualitas dan mutu yang terjamin.

“Melalui program ini, Telkomsel berharap para pelaku bisnis UMKM lebah dapat lebih berkembang dan memanfaatkan beragam kemajuan teknologi yang ada untuk sama-sama menghadirkan produk yang berkualitas serta menjaga koloni lebah selalu sehat. Kedepannya Telkomsel berharap dapat terus terlibat dalam memajukan beragam sektor UMKM di Indonesia” pungkas Tuty.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Ikuti Tren, Instagram Garap Aplikasi Serupa Clubhouse

Techbiz.id - Belakangan ini, Clubhouse menjadi sangat populer dan tren terbaru bagi pemilik aplikasi sosial. Bahkan, setiap platform berlomba-lomba...

Artikel Terkait