Monday, September 21, 2020
Home Telco XL Axiata Sediakan Akses Internet di Pedesaan

XL Axiata Sediakan Akses Internet di Pedesaan

Must Read

Investasi di Perusahaan Rintisan yang Mature Masih Layak

Techbiz.id - Di masa pandemik Covid19 seperti saat ini, ternyata tak mengurungi minat angel investor berinvestasi. Bahkan...

Ilham Habibie Jadi Strategic Advisor Ayoconnect

Techbiz.id - Ayoconnect secara resmi mengumumkan dan menyambut Ilham Akbar Habibie sebagai Strategic Advisor mereka.

Asus Tawarkan 2 Laptop Premium Seri ZenBook Classic

Techbiz.id - ASUS kembali menghadirkan seri ZenBook Classic di Indonesia, ZenBook 13 (UX325) dan ZenBook 14 (UX425)...

Techbiz.id – XL Axiata turut mendukung menyediakan fasilitas akses internet untuk para pelajar di pedesaan yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menyediaan sarana akses internet berupa router .

Router tersebut bisa dimanfaatkan para pelajar secara bersama-sama hingga 32 perangkat dalam waktu bersamaan. Para pelajar Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mulai Senin (3/8), bisa memanfaatkan dukungan tersebut secara gratis. 

- Advertisement -

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, problem yang dihadapi masyarakat pedesaan berupa terbatasnya jaringan yang di desa tempat mereka berdomisili dan juga menyangkut harga kuota data.

Baca juga: Berlangganan Paket XL Axiata cuma Rp105 Ribu dapat 300GB

“Kami tidak bisa tinggal diam membaca berita tentang banyaknya pelajar di berbagai daerah yang kesulitan mendapatkan akses internet untuk bisa mengikuti PJJ. Untuk itu, melalui dukungan ini kami mencoba untuk mendukung keduanya. Semoga fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk PJJ oleh para pelajar di seluruh desa,” jelasnya.

Router tersebut disampaikan Dessy ditempatkan di suatu tempat berupa balai yang bisa menampung belasan anak untuk belajar. Balai ini terada di lokasi yang tinggi, serupa bukit, dan dari lokasi ini sinyal XL Axiata bisa ditangkat dengan kualitas baik.

Akses internet pedesaan

Untuk menyediakan akses internet di pedesaan, teknisi XL Axiata pun disampaikan Dessy turut membantu pemasangan perangkat ini agar bisa mendapatkan kualitas sinyal yang maksimal.

Fasilitas router dari XL Axiata ini dilengkapi dengan paket data 20GB untuk setiap bulannya secara gratis selama 1 tahun. Selain itu, XL Axiata juga membagikan alat-alat sekolah seperti buku tulis, penggaris, pensil, pena, dan map plastik.

Untuk menjaga dan memastikan router tersebut dimanfaatkan secara semestinya, XL Axiata menyerahkan pengelolaannya ke Yayasan Pendidikan Islam Pembangunan.

Desa Telaga Said berada sekitar 73 km dari Medan atau memerlukan 2,5 jam perjalanan darat dari Ibukota Sumatera Utara tersebut. Ada ratusan siswa sekolah di desa tersebut, dari mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Selain itu juga ada pula sejumlah remaja yang berkuliah di beberapa perguruan tinggi. Sejak pandemi Covid-19 terjadi, anak-anak sekolah tersebut harus melakukan bejalar dari rumah dengan mengakses materi belajar secara daring.

Namun, jaringan internet belum menjangkau setiap sudut desa, banyak dari anak-anak tersebut yang kemudian mencari lokasi tertentu yang di tempat itu bisa mendapatkan sinyal internet yang lebih baik.

“Sebelum adanya pandemi, kami rutin menyalurkan donasi kuota untuk sekolah-sekolah melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK). Kini, karena sekolah juga masih tutup dan meningkatnya kebutuhan untuk mendukung proses belajar secara daring berbagai daerah, maka kami akan berusaha mendukung memfasilitasi akses internet untuk PJJ seperti ini, “ pungkas Desy.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Cara Menghindari Komen Haters di Twitter

Techbiz.id - Pengguna Twitter bisa mengatur percakapan atau pun menghindari komen yang tidak diinginkan di cuitannya dari...

Peta Persaingan E-commerce Indonesia, Siapa Juaranya?

Tecbiz.id - Dari tahun ke tahun, terjadi perkembangan yang cukup signifikan pada industri e-commerce di Indonesia. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku...

Mi TV Stick Mengubah TV Biasa jadi Pintar

Techbiz.id - Xiaomi menghadirkan Mi TV Stick yang bisa dengan mengubah layar biasa menjadi TV pintar Dengan menggunakan...

Update Harga Redmi Note 9, Ada Harga Khusus

Techbiz.id - Xiaomi mengumumkan harga baru untuk smartphone Jawara Kamera 48MP yakni Redmi Note 9. Hal ini diharapkan bisa membuat seri Jawara makin...

Tren Memadukan Gawai dengan Warna Pakaian

Techbiz.id - Anak muda saat ini menyenangi mix and match pakaian guna menyesuaikan warna sepatu, tas, bahkan perangkat genggam (gawai) miliknya.
- Advertisement -

Artikel Terkait