Friday, June 25, 2021
Home Telco 70% Aplikasi di XL Axiata Akan Dipindah ke Awan

70% Aplikasi di XL Axiata Akan Dipindah ke Awan

Must Read

Telkomsel nGage Tingkatkan Komunikasi Korporasi dengan Pelanggan

Techbiz.id - Inovasi terbaru di bidang Communication Platform as a Service (CPaaS) bernama nGage dikenalkan Telkomsel buat pelanggan korporatnya untuk meningkatkan...

Tiga Use Case 5G Indosat ini Bisa Dinikmati Masyarakat Solo

Techbiz.id - Secara komersial, layanan 5G sudah resmi dihadirkan Indosat Ooredoo untuk masyarakat Solo. Untuk menghadirkan kekuatan layanan 5G...

Serupa Clubhouse, Spotify Hadirkan Aplikasi Greenroom

Techbiz.id - Popularitas Clubhouse menarik banyak perhatian hingga kini. Alhasil, layanan streaming musik, Spotify pun turut meluncurkan aplikasi serupa...

TikTok Gantikan ‘Link di Bio’ dengan Fitur Jump

Techbiz.id - Pengguna TikTok kini tidak perlu menambahkan link di bio mereka. Hal ini karena TikTok merilis cara baru...

Rekomendasi 5 Ponsel Oppo untuk Menikmati 5G Indosat

Techbiz.id - Hadir di spektrum yang berbeda dengan layanan 5G yang dihadirkan oleh Telkomsel, OPPO memiliki rekomendasi beberapa ponsel...

Techbiz.id – Untuk menciptakan efisiensi, XL Axiata berencana akan memindahkan sebagian besar aplikasi yang berada di server miliknya untuk dipindah ke layanan awan (cloud).

“Dalam tiga tahun ke depan kami akan memindahkan 70 persen aplikasi yang ada di server on-premise kami ke layanan public cloud,” ungkap Chief Information & Digital Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam press briefing Amazon Web Services.

Lebih lanjut disampaikan Yessie, 30 persen sisa aplikasi akan tetap ada di server on-premise karena beberapa pertimbangan teknis seperti latency sensitive, critical application dan sebagainya.

“Yang tetap ada di server kami karena alasan tertentu diantaranya adalah aplikasi untuk billing,” imbuh Yessie.

Baca juga: XL Axiata Gandeng Google untuk Transformasi Digitalnya

Beberapa aplikasi yang sudah dipindahkan ke awan diterangkan Yessie diantaranya adalah aplikasi touch point seperti MyXL, Axisnet serta web korporat.

“Tidak hanya untuk customer, aplikasi untuk sales, sistem distribusiyang membutuhkan interaksi dengan patner sangat membutuhkan infrastruktur yang fleksibel,” tegasnya.

Pemindahan aplikasi ke awan ini selain untuk transformasi digital juga dapat menciptakan efisiensi biaya.

Dengan menggunakan layanan awan, jika dihitung berdasarkan total cost ownership (TCO) menurut Yessie bisa mendapatkan penghematan biaya hingga 30 persen.

“Efisiensi biiaya kalau dari sisi data center tentu saja jelas ada perbedaanya karena tidak perlu mempunya data center sendiri. Biayanya juga bergantung pada kapasitas yang digunakan,” jelas Yessie. 

Untuk urusan keamanan, Yessie meyakini layanan awan ini sudah dibuat sedemikian rupa pengamanannya dimana pengoperasiannya banyak yang mengatur di belakangnya.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Indosat Gunakan Platform Telenor Hadirkan Facebook Mobile Center

Techbiz.id – Menjalin kemitraan strategis dengan Telenor Digita, Indosat Ooredoo akan menggunakan platform global milik Telenor Digital, Millom,...

Artikel Terkait