Monday, April 19, 2021
Home Telco XL Axiata Uji Coba Dynamic Spectrum Sharing untuk 5G

XL Axiata Uji Coba Dynamic Spectrum Sharing untuk 5G

Must Read

Ponsel Gaming Redmi Muncul dengan Pengisian Cepat 67W

Techbiz.id - Menyusul rumor yang mengatakan Redmi bakal merilis ponsel gaming, kini kemunculannya telah membuktikan hal itu. Ponsel gaming...

Tiga Lensa G Terbaru Sony Hasilkan Gambar Bokeh yang Indah

Techbiz.id - Sony Indonesia resmi mengumumkan tiga lensa G untuk jajaran E-mount, yaitu FE 50mm F2.5 G (model SEL50F25G),...

Dana Gandeng 9 Bank Gelar Pesta Kartu

Techbiz.id - Untuk mengampanyekan budaya bertransaksi nonkartu (cardless) dan contactless, DANA berkolaborasi dengan sejumlah bank menggelar program “DANA Pesta Kartu...

Update Harga Realme C12: Ada Diskon!

Techbiz.id - Dirilis pada tahun 2020 lalu, harga Realme C12 kini sudah mengalami perubahan. Apalagi kini sudah hampir setahun...

Smartfren Perkuat Jaringan di Wilayah Jabotabek Selama Ramadhan

Techbiz.id - Menyambut datangnya bulan Ramadan di pertengahan April 2021, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) siap mengantisipasi kenaikan trafik...

Techbiz.id – XL Axiata terus berupaya menyiapkan jaringan untuk implementasi layanan 5G. Sejumlah inisiatif telah dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi jaringan yang mencakup radio, transport, dan core.

Upaya paling baru yang dilakukan XL Axiata dalam menyiapkan jaringan menuju implementasi 5G disampaikan Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa adalah dengan melakukan ujicoba teknologi 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

- Advertisement -

Teknologi Dynamic Spectrum Sharing ini menurutnya memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G, dan diujicobakan pada spektrum yang saat ini sudah dimiliki XL Axiata, yaitu 1800MHz dan 2100MHz.

Baca juga: XL Axiata Uji Coba Open RAN di Indonesia Timur

Uji coba yang dilakukan di area Depok ini berada pada tahap optimasi dan evaluasi performa. Untuk keperluan uji coba ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson melalui feature ESS (Ericsson Spectrum Sharing).

“Tujuan dari uji coba ini adalah guna melihat kesiapan jaringan XL Axiata untuk 5G. Selain itu, uji coba ini juga dimaksudkan untuk mempelajari pengaruh implementasi 5G pada spektrum eksisting terutama pada layanan yang saat ini sudah berjalan, yaitu 3G dan 4G,” ungkap Gede.

dalam menyiapkan jaringan menuju implementasi 5G disampaikan Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa adalah dengaDynamic Spectrum Sharing (DSS)

Lebih lanjut dijelaskan Gede, dengan 4G/5G DSS, XL Axiata bisa memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G secara dinamis, alias berbagi pakai antara 4G dan 5G.

“Saat nanti 5G sudah diimplementasikan dan spektrum khusus telah tersedia, DSS dapat digunakan untuk solusi perluasan jaringan 5G dengan memanfaatkan jangkauan dan kapasitas spektrum eksisting,” imbuhnya.

Ditegaskan Gede, perlu diperhatikan, istilah spectrum sharing dalam konteks DSS ini sama sekali berbeda dan tidak ada hubungannya dengan spectrum sharing yang diatur dalam UU Cipta Kerja.

4G/5G spectrum sharing pada DSS ini mengacu pada pemanfaatan spektrum untuk digunakan bagi layanan 4G dan 5G secara bergantian. Jadi tidak sama dengan konsep berbagi spektrum antar operator sebagaimana diatur dalam UU Cipta Kerja.

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Update Harga Realme C12: Ada Diskon!

Techbiz.id - Dirilis pada tahun 2020 lalu, harga Realme C12 kini sudah mengalami perubahan. Apalagi kini sudah hampir setahun...

Artikel Terkait