Wednesday, January 27, 2021
Home Telco XL Axiata Uji Coba Dynamic Spectrum Sharing untuk 5G

XL Axiata Uji Coba Dynamic Spectrum Sharing untuk 5G

Must Read

Flagship realme jadi yang Pertama Gunakan Dimensity 1200

Techbiz.id - Produk dual flagship realme yang akan dihadirkan di tahun 2021 ini bakal menjadi smartphone pertama menggunaan chipset...

Diwisuda, Peserta XLFL Wajib Kuasai Berbagai Solusi Digital

Techbiz.id - Sebanyak 149 mahasiswa angkatan ketujuh dan 9 mahasiswa dari angkatan sebelumnya peserta dinyatakan telah selesai mengikuti program...

Huawei Tambah Jangkauan High-end Experience Stores

Techbiz.id - Di tahun baru dan era new normal 2021, Huawei ingin menjangkau konsumennya dengan menghadirkan High-end Experience Stores (HES) di...

Serius, Sharp Garap Smartphone Gaming Aquos Sense4 Plus

Techbiz.id - Menyatakan diri makin serius dalam menghadirkan produk smartphone, Sharp merilis perangkat baru bernama AQUOS Sense4 Plus untuk...

Huawei Buka Tempat Pelatihan TIK Terlengkap di Asia Pasifik

Techbiz.id - Huawei ASEAN Academy (Indonesia) Engineering Institute resmi dibuka di Indonesia. Menempati area seluas 2 (dua) hektar, Huawei...

Techbiz.id – XL Axiata terus berupaya menyiapkan jaringan untuk implementasi layanan 5G. Sejumlah inisiatif telah dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi jaringan yang mencakup radio, transport, dan core.

Upaya paling baru yang dilakukan XL Axiata dalam menyiapkan jaringan menuju implementasi 5G disampaikan Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa adalah dengan melakukan ujicoba teknologi 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

- Advertisement -

Teknologi Dynamic Spectrum Sharing ini menurutnya memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G, dan diujicobakan pada spektrum yang saat ini sudah dimiliki XL Axiata, yaitu 1800MHz dan 2100MHz.

Baca juga: XL Axiata Uji Coba Open RAN di Indonesia Timur

Uji coba yang dilakukan di area Depok ini berada pada tahap optimasi dan evaluasi performa. Untuk keperluan uji coba ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson melalui feature ESS (Ericsson Spectrum Sharing).

“Tujuan dari uji coba ini adalah guna melihat kesiapan jaringan XL Axiata untuk 5G. Selain itu, uji coba ini juga dimaksudkan untuk mempelajari pengaruh implementasi 5G pada spektrum eksisting terutama pada layanan yang saat ini sudah berjalan, yaitu 3G dan 4G,” ungkap Gede.

dalam menyiapkan jaringan menuju implementasi 5G disampaikan Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa adalah dengaDynamic Spectrum Sharing (DSS)

Lebih lanjut dijelaskan Gede, dengan 4G/5G DSS, XL Axiata bisa memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G secara dinamis, alias berbagi pakai antara 4G dan 5G.

“Saat nanti 5G sudah diimplementasikan dan spektrum khusus telah tersedia, DSS dapat digunakan untuk solusi perluasan jaringan 5G dengan memanfaatkan jangkauan dan kapasitas spektrum eksisting,” imbuhnya.

Ditegaskan Gede, perlu diperhatikan, istilah spectrum sharing dalam konteks DSS ini sama sekali berbeda dan tidak ada hubungannya dengan spectrum sharing yang diatur dalam UU Cipta Kerja.

4G/5G spectrum sharing pada DSS ini mengacu pada pemanfaatan spektrum untuk digunakan bagi layanan 4G dan 5G secara bergantian. Jadi tidak sama dengan konsep berbagi spektrum antar operator sebagaimana diatur dalam UU Cipta Kerja.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

5 Teknologi Ini Telah Mengubah Wajah E-commerce

Techbiz.id - E-commerce mengalami peningkatan yang signifikan sejak tahun lalu sebagai imbas dari pandemi yang melanda dunia dan memang...

Artikel Terkait