Kamis, Oktober 24, 2024

Instagram Akan Blokir Akun yang Mengirim Pesan Rasis

Techbiz.id – Instagram kini mengambil tindakan tegas pada pengguna yang terbukti mengirim pesan rasis melalui Direct Message (DM). Jejaring sosial media itu bahkan mengaku siap memblokir akun tersebut.

Kebijakan itu tak hanya berlaku bagi pengguna yang mengirim pesan rasis, melainkan juga kepada pengguna yang mengancam pengguna lain.

Hal itu disampaikan Instagram melalui keterangan resminya. Langkah ini menyusul adanya kasus pemain sepak bola di Inggris yang melapor atas serangan rasis melalui DM di Instagram.

Dalam posting blog resminya, platform sosial media itu mengakui bahwa pelecehan online rasis yang terjadi melalui DM menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka, karena perusahaan tidak menggunakan teknologi otomatis yang sama yang digunakan untuk mendeteksi kata-kata rasis atau pelecehan dalam fitur komentar.

Namun, melalui kebijakan baru Instagram menyampaikan akan mengambil tindakan lebih keras lagi saat pelecehan dalam pesan langsung dilaporkan, sebagaimana dilansir dari Engadget (14/2/2021).

Sebelumnya, perusahaan akan membatasi sementara kemampuan akun untuk menggunakan DM ketika pelecehan dilaporkan. Sekarang, perusahaan mengatakan bahwa “pesan yang melanggar” berulang akan mengakibatkan penangguhan permanen dari layanannya.

“Kami juga akan menonaktifkan akun baru yang dibuat untuk mengatasi pembatasan pengiriman pesan kami, dan akan terus menonaktifkan akun yang kami temukan yang dibuat murni untuk mengirim pesan yang melecehkan,” tulis Instagram.

Baca juga: Mirip TikTok, Instagram Bakal Ubah Stories Jadi Vertikal

Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka sedang berupaya membuat kontrol DM yang memungkinkan pengguna menonaktifkan pesan dari akun yang tidak mereka ikuti tersedia untuk semua orang. Tentunya kebijakan ini akan membantu bagi para pengguna dengan jumlah pengikut yang banyak.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...