Sunday, August 1, 2021
Home Telco PM Postelsiar Segera Diterbitkan, XL Axiata Deg-Degan

PM Postelsiar Segera Diterbitkan, XL Axiata Deg-Degan

Must Read

Inikah Wujud Galaxy Watch 4 yang Akan Dirilis Samsung?

Techbiz.id - Hanya berselang beberapa hari lagi jelang Galaxy Unpacked pada 11 Agustus mendatang, kini beredar wujud asli dari...

Update Harga realme 7 Pro 2021, Lebih Murah Rp 600 Ribu!

Techbiz.id - Jelang akhir Juli 2021 kali ini banderol harga realme 7 Pro menjadi lebih terjangkau. Tak heran jika itu...

Rekomendasi HP realme Baterai Jumbo 6000mAh di 2021

Techbiz.id - Tak hanya merilis handphone (hp) dengan baterai 5000mAh, realme juga menghadirkan kapasitas jumbo senilai 6000mAh. Menariknya, hp realme...

GoTo Manfaatkan Google Cloud untuk Pertumbuhan Bisnis

Techbiz.id - GoTo Group menjadikan Google Cloud sebagai mitra teknologi utama untuk mendukung fase pertumbuhan mereka yang berikutnya di...

Huawei P50 Series Debut di Cina, Berapa Harganya?

Techbiz.id - Huawei Consumer Business Group (CBG) menghadirkan penyempurnaan smartphone seri P miliknya dengan menghadirkan Huawei P50 Series. HUAWEI P50...

Techbiz.id – Peraturan Menteri (PM) Postelsiar sebagai aturan teknis dari Undang Undang Cipta Kerja sektor telekomunikasi akan segera diterbitkan oleh Kementerian Kominfo pada April 2021 mendatang.

XL Axiata seperti disampaikan Chief Corporate Affairs Xl Axiata, Marwan Baasir, pada acara diskusi media (18/3) menaruh perhatian terhadap aturan teknis yang akan dinamakan sebagai PM Jaringan ini.

“Saya belum mendapatkan draft rancangan PM ini, yang saya dengar PM ini akan dinamakan sebagai PM Jaringan. Makanya kami juga deg-degan nih aturan apa aja yang akan dimuat,” ucap Marwan.

Baca juga: XL Axiata Dorong Sektor Swasta Terapkan Kesetaraan Gender

Lebih lanjut disampaikan Marwan ada beberapa hal yang dikhawatirkan XL Axiata dari PM yang akan diterbitkan tersebut, diantaranya pegaturan batas atas dan batas bawah tarif telekomunikasi.

Seperti diketahui, dalam Undang Undang Telekomunikasi No 36 Tahun 1999 Pemerintah tidak mengizinkan adanya batas bawah dan batas atas tarif telekomunikasi. Namun di dalam UU Cipta Kerja, batasan tarif tersebut akan ditentukan oleh pemerintah.

Hal lain yang juga menjadi perhatian XL Axiata pada PM Postelsiar yang akan diterbitkan dalam waktu dekat tersebut adalah pengaturan roaming nasional.

Dengan roaming nasional ini pelanggan operator A bisa memanfaatkan jaringan operator lain jika di wilayah tersebut tidak teradpat jaringan. Aturan ini seperti ketika pelanggan bepergian ke luar negeri hanya sajs ini berlaku di dalam negeri.

Selain itu yang menjadi perhatian XL Axiata menurut Marwan adalah pemberlakuan lisensi spektrum yang akan diberlakukan di bawah 10 tahun. Pemberlakuan lisensi di bawah 10 tahun ini menurutnya sangat singkat.

“Kami terus melakukan komunikasi intensif baik dengan operator lain maupun dengan regulator terkait regulasi-regulasi baru yang akan dikeluarkan oleh pemerintah,” pungkas Marwan.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Update Harga Xiaomi Mi 11 Lite 2021, Jadi 3 Jutaan!

Techbiz.id - Baru dirilis pada Juni 2021 lalu, kini perubahan harga sudah terjadi pada Mi 11 Lite di Indonesia. Jika...