Jumat, April 26, 2024

Pengiriman PC Global Melonjak 55 Persen di Q1 2021

Techbiz.id – Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, pengiriman PC global justru dilaporkan berkembang pesat pada kuartal pertama tahun ini.

Menurut laporan terbaru dari lembaga riset IDC, pengiriman PC global pada periode tersebut tercatat naik 55 persen dari tahun ke tahun (year over year) dengan jumlah 84 juta perangkat terkirim. Sementara, jika dibandingkan dengan kuartal IV 2020 lalu, angka ini justru menurun 8%.

Adapun Lenovo memimpin daftar dengan pangsa pasar 24,3%, yang mencatatkan pertumbuhan positif 59,1% dengan jumlah perangkat sebanyak 20,4 juta unit. Kemudian, posisi kedua dihuni HP Inc dengan pangsa pasar 22,9%, naik 64,1% yang tercatat mengirimkan 19,2 juta unit perangkat.

Tahta ketiga dihuni oleh Dell Technologies dengan pangsa pasar 15,4%, naik 23,4% dengan pengiriman 12,9 juta unit. Di posisi keempat, Apple menduduki daftar dengan 8% pangsa pasar dan pengiriman 6,6 juta unit.

Lebih lanjut, Apple juga menjadi vendor PC dengan pertumbuhan positif yang paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya pada periode yang sama. Pemilik iMac ini mencatatkan rekor dengan peningkatan 111% YoY. Sementara, posisi selanjutnya diisi oleh Acer Group dengan 7% pangsa pasar, naik 73,5% yang berhasil mengirimkan 5,8 juta unit dari tahun lalu.

Baca juga: 9 Komponen PC Seri Gundam Milik ASUS Hadir di Indonesia

Jitesh Ubrani, Manajer Periset IDC Mobile Devoce Trackers menilai pertumbuhan pengiriman PC kuartal pertama terjadi karena adanya permintaan yang tinggi di tahun ini, imbas dari tahun lalu.

“Permintaan yang belum terpenuhi dari tahun lalu membawa permintaan yang tinggi di kuartal pertama (2021) dan permintaan tambahan yang disebabkan oleh pandemi juga mendorong peningkatan volume,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...