Sabtu, April 27, 2024

Sah, Indonesia Masuki Era Baru Internet Cepat 5G

Techbiz.id – Indonesia akhirnya memasuki era baru layanan internet seluler generasi kelima (5G) setelah Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan hasil uji laik operasi (ULO) 5G Telkomsel yang diyatakan lolos untuk menghadirkan layanan 5G secara komersial.

Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate menyatakan Telkomsel akan menjadi penyelenggara jaringan telekomunikasi 5G pertama di Indonesia setelah lolos ULO dan diterbitkannya surat izin komersial untuk menghadirkan layanan 5G secara komersial di Indonesia.

Penerbitan izin komersial (commercial permit) ini menurut Menteri Johnny menandakan kesiapan Telkomsel untuk melakukan penggelaran jarigan 5G secra komersial yang akan dilakukan pada pita frekuensi 2300Mhz dengan lebar pita 30Mhz dalam rentang 2300 – 2330Mhz.

Baca juga: Kabar Gembira, Layanan 5G Segera Hadir di Indonesia

“Tahapan ULO dan penerbitan commercial oepration permit merupakan amanat pasal empat Peraturan Menkominfo No.5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan telekomunkasi yang merupakan turunan UU No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan PP No 46 tahun 2021 tentang Postelsiar,” jelas Menteri Johnny.

5G Indonesia

Layanan 5G Telkomsel akan diluncurkan serentak pada 27 Mei 2021 selajutnya akan dapat dinikmati secara terbatas dan bertahap di enam lokasi residensial di wilayah jabtabek serta di kota-kota lain seperti Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung.

Lebih lanjut disampaikan Menteri Johnny, layanan 5G untuk kota-kota berikutnya akan dilakukan pegembangan sesuai kesiapan kota dan keekonomian dari kota-kota tersebut.

“Penggelaran 5G perdana ini merupakan buah dari hasil kerjasama Kementerian Kominfo dengan para penyelenggara telekomunikasi dalam melakukan ui coba jaringan 5G. Sejak tahun 2017 hingga kini telah dilakukan 12 kali uji jaringan 5G,” pungkas Menteri Johnny.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...