Jumat, September 17, 2021
Beranda Telco Layanan 5G Telkomsel Sambangi Lima Kota Lagi

Layanan 5G Telkomsel Sambangi Lima Kota Lagi

Must Read

Selama 2020 Investree Salurkan Pinjaman Rp8,3 Triliun

Techbiz.id - Selama tahun 2020, Investree melaporkan telah berkembang menjadi solusi bisnis digital terintegrasi bagi UKM tidak pernah surut...

Pertama Kalinya, Samsung Hadirkan Galaxy A32 Enterprise Edition

Techbiz.id - Samsung Electronics Indonesia menghadirkan Galaxy Enterprise Edition untuk pertama kalinya di Indonesia, melengkapi Galaxy A32 dengan kemudahan...

Q3 2020 Pendapatan Indosat Tumbuh 9,2%

Techbiz.id - Dalam laporan kinerja sembilan bulan (Q3 2020) yang berakhir pada 30 September Indosat Ooredoo melaporkan peningkatan pendapatan. Meskipun...

Mulai Dijual, Poco Tawarkan Harga Khusus M3 Pro 5G

Techbiz.id - Mulai hari ini (2/7), penjualan perdana Poco M3 Pro 5G telah dibuka dengan penawaran harga khusus. Konsumen...

Samsung Hadirkan Deretan Inovasi di Ajang CES 2021

Techbiz.id - Di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021, Samsung memperkenalkan produk-produk baru sebagai hasil dari inovasi yang dkembangkan...

Tanggap Covid-19, Telkomsel Komitmen Berikan Layanan Berkualitas

Techbiz.id - Merespon situasi terkini terkait pandemi COVID-19, Telkomsel tetap berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas guna menjamin kenyamanan...

Techbiz.id – Melanjutkan kehadiran di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan, Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G di lima kota lainnya, yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar (7/6).

Keberlanjutan perluasan layanan Telkomsel 5G secara bertahap dan terukur ini sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital dengan komitmen menghadirkan the best 5G experience yang akan menunjang kemajuan masyarakat.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang akan semakin mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas lagi untuk segala kemungkinan, termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat dan transformasi sektor industri.

“Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri. Untuk itu, kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digitalmelalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah, serta mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan yang memiliki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian,” ungkapnya.

Baca juga: Simak Biar Ngga Gagal Paham, Uji Kecepatan 5G Telkomsel

Nugroho menambahkan bahwa hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut. Salah satunya sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital terdepan.

Atau sektor pendidikan yang dapat mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat untuk memastikan pemberdayaan teknologi 5G yang tepat guna ke masa mendatang. Selain itu, 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo RI, Mulyadi mengatakan hadirnya 5G di Bali menunjukkan bahwa Kota Denpasar dan Bali memiliki potensi yang sangat strategis dan penting bagi pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia dan memiliki arti penting bagi perekonomian Indonesia.

Mulyadi menambahkan, berdasarkan perencanaan infrastruktur digital Indonesia, layanan utama dari infrastruktur digital adalah 4G yang kemudian dilengkapi dengan 5G. Artinya, ke depan teknologi jaringan 5G ini nantinya akan tersebar dan melayani wilayah-wilayah yang memiliki demand dan potensi tinggi.

Oleh karena itu, ini menunjukkan bahwa Kota Denpasar memiliki arti yang sangat penting bagi infrastruktur digital Indonesia, bagi perekonomian, dan bagi nilai strategis lainnya. Ini suatu kesempatan yang luar biasa, yang perlu dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya.

“Hadirnya 5G harus dapat mendorong industri pariwisata di Bali menjadi lebih maju. Oleh karenanya diperlukan kerja sama yang baik antar semua pemangku kepentingan untuk pemanfaatan teknologi ini.” ujarnya.

Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Batam, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Batam Center. Sedangkan di kota Makassar, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pettarani Makassar.

Kemudian untuk kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya. Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali. Masyarakat juga kini dapat mengunjungi GraPARI tersebut untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital terkini seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Sedangkan untuk di kota Bandung, jaringan Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Kehadiran teknologi 5G dari Telkomsel di kedua kampus ternama ini ditujukan untuk mendukung riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi 5G yang tepat guna bagi kehidupan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menghadirkan teknologi 5G tidak hanya untuk untuk mengakselerasi adopsi gaya hidup digital yang lebih produktif dan inovatif oleh masyarakat, namun juga untuk mendorong transformasi Indonesia menuju kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh.

“Keunggulan teknologi 5G dapat membuka lebih banyak peluang terciptanya solusi dan inovasi digital dari para talenta tanah air untuk kepentingan masyarakat luas, dan mendorong masyarakat untuk tidak hanya menjadi smart digital user atau sekedar menjadi pengguna, melainkan menjdi smart digitalpreneur atau pemain utama dalam ekosistem pemanfaatan teknologi 5G dan berkontribusi lebih terhadap penguatan perekonomian dan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan”, jelas Nugroho.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Indosat Ooredoo Perluas Layanan 5G ke Surabaya

Techbiz.id – Layanan 5g komersial Indosat Ooredoo diperluas wilayah cakupannya hingga ke Surabaya, menyusul peluncuran layanan 5G di Solo...