Kamis, April 25, 2024

Gak Mau Lag? Ini Daftar Operator Terbaik untuk Main Game

Techbiz.id – OpenSignal, perusahaan analitik seluler global, merilis laporan terbaru tentang pengalaman jaringan seluler Indonesia yang mencakup Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, 3 Indonesia dan Smartfren.

Melalui laporan bertajuk Pengalaman Jaringan Seluler Juni 2021, terdapat sebanyak 7 kategori khusus, salah satunya mencakup operator dengan pengalaman game seluler terbaik. Riset ini dilakukan pada awal 2021, tepatnya 1 Februari 2021 hingga 1 Mei 2021.

Dalam hal ini, operator 3 berhasil meraih posisi teratas dalam pengalaman bermain game seluler multipemain, memenangkan penghargaan Pengalaman Game Opensignal dengan skor 69,4 poin dari skala 100.

Operator game terbaik 2021

Hardik Khatiri, Analis Teknis Opensignal, menyampaikan “(skor) ini juga menandakan bahwa pengalaman bermain pada umumnya dapat dikendalikan, dengan mayoritas pengguna menyadari adanya jeda antara aksi mereka dan hasilnya pada game.”

Posisi puncak diraih 3 saat rekan-rekannya terus tertinggal dengan skor yang jauh lebih rendah, berkisar antara 57,6 poin dan 49,7 poin dengan Telkomsel di tempat kedua. Diikuti oleh Indosat Ooredoo dan XL Axiata di posisi ketiga dan keempat. Sementara, Smartfren mengekor di peringkat terakhir.

Baca juga: OpenSignal: Telkomsel Paling Dominan di Indonesia

Dalam hal ini, dijelaskan bahwa poin yang lebih rendah menandakan “pengalaman pengguna yang kurang dapat dinikmati, ditandai dengan meningkatnya jeda dan kurangnya kendali dalam permainan.” ujarnya.

Kendati demikian, operator Indosat dan Smartfren justru membawa peningkatan paling signifikan dibandingkan periode sebelumnya. Sebagai informasi, skor Pengalaman Game Seluler ini memiliki lima tingkatan penilaian, yakni Buruk (0-40), Cukup (40-55), Baik (55-65), Sangat Baik (65-75), dan Luar Biasa (75-100).

Berikut ini adalah peringkat operator untuk bermain game seluler terbaik di Indonesia:

  1. 3 Indonesia (69,4 poin)
  2. Telkomsel (57,6 poin)
  3. Indosat Ooredoo (55,6 poin)
  4. XL Axiata (53,2 poin)
  5. Smartfren (49,7 poin)

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...