Wednesday, July 28, 2021
Home Telco OpenSignal: Telkomsel Paling Dominan di Indonesia

OpenSignal: Telkomsel Paling Dominan di Indonesia

Must Read

Indosat Jadikan MyIM3 Solusi Pelanggan Hadapi Pandemi

Techbiz.id – Pelanggan Indosat Ooredoo kini dapat menikmati berbagai inovasi melalui pembaruan aplikasi myIM3 yang dapat diakses dari smartphone...

TMI: Peluangnya Masih Bagus Untuk Bikin Startup

Techbiz.id - Venture Capiital Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) menilai potensi startup Indonesia untuk berkembang masih sangat positif terlebih saat...

Gabungkan Seni dan Teknologi, OPPO Renovator 2021 Digelar

Techbiz.id - OPPO secara resmi meluncurkan OPPO Renovator 2021 untuk menjadi wadah bagi para kreator muda untuk mengekspresikan masa...

6 Tips Mengamankan Akun Twitter

Techbiz.id - Pengalaman menggunakan sosial media Twitter tentu akan lebih nyaman jika setiap orang tetap waspada dan menjalankan langkah-langkah...

RedmiBook 15 Perdana Xiaomi Hadir di Indonesia, Harganya Rp 6 Jutaan

Techbiz.id - Bersamaan dengan peluncuran Redmi Note 10 5G, Xiaomi juga menghadirkan RedmiBook 15. Selain hadir untuk pertama kalinya...

Techbiz.id – OpenSignal, perusahaan analitik seluler global, merilis laporan terbaru tentang pengalaman jaringan seluler Indonesia yang mencakup Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, 3 Indonesia dan Smartfren.

Dalam laporan bertajuk Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juni 2021, OpenSignal mengungkapkan bahwa Telkomsel menjadi operator yang paling dominan di Indonesia, dibandingkan dengan , XL Axiata, Indosat Ooredoo, 3 Indonesia dan Smartfren.

“Telkomsel tetap menjadi operator dominan di Indonesia atas pengalaman jaringan seluler karena meraih empat penghargaan Opensignal secara langsung,” ujar Hardik Khatiri, Analis Teknis Opensignal, dikutip dalam laman resminya, Kamis (1/7).

Operator berplat merah itu berhasil unggul di beberapa kategori, yaitu pengalaman video, pengalaman kecepatan unduhan, pengalaman kecepatan unggahan, dan pengalaman cangkupan 4G.

Terkait pengalaman video, Telkomsel meraih penghargaan dengan skor 62,7 poin (bagus) pada skala 100 poin. Sedangkan, skor empat operator lainnya meningkat antara 2,3-4,7 poin. Peningkatan paling signifikan sebesar 4,7 poin terlihat dari pengguna Indosat Ooredoo, yaitu dari 55,2 poin hingga 59,9 poin.

Sementara, untuk kecepatan unduhan, Telkomsel juga berhasil meraih penghargaan, meski kompetitornya, 3 Indonesia, mengalami peningkatan signifikan sebesar 1,7 Mbps. Sedangkan, XL-Axiata berhasil memangkas ketertinggalan, dimana kecepatan unduhan telah naik 1,3 Mbps (11,5%) sampai 12,6 Mbps dibandingkan periode sebelumnya.

Sementara pengalaman kecepatan pengunggahan pengguna Telkomsel naik sebesar 0,8 Mbps (5,9%). Sehingga, keunggulan Telkomsel atas XL menurun dari 1,4 Mbps (12,7%) menjadi 0,9 Mbps (7,1%). Selain itu, Telkomsel juga berhasil menempati posisi pertama dalam cakupan jaringan 4G. Skor operator ini naik tipis 0,2 poin menjadi 8,5 poin dan kini memimpin XL di peringkat kedua dengan selisih 2,3 poin.

Sedangkan skor 3, Indosat dan XL meningkat 0,1 poin, dengan skor berkisar antara 4,6 poin hingga 6,2 poin, meski Smartfren adalah satu-satunya operator yang skornya tidak berubah sejak laporan terakhir.

Baca juga: Operator Wajib Lakukan Ini Sebelum Promo 5G

Walaupun menempati peringkat keempat dalam jangkauan 4G, Smartfren sekali lagi berhasil memenangkan penghargaan Ketersediaan 4G. Ketersediaan 4G Smartfren melebihi batas 95%, diikuti oleh 3 dengan skor 93,9% bersama Indosat dengan skor 92%. Sementara itu, Ketersediaan 4G pengguna Telkomsel turun 1,2 persen menjadi 89,3% sedangkan rekan XL mereka meningkat 1,2 persen menjadi 91,2%.

Di sisi lain, 3 berpegang pada penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara dan Pengalaman Game seluler. Kategori game seluler berhasil diraih oleh 3 yang melaju dengan skor 69,4 poin pada skala 100 poin, dimana kompetitornya terus tertinggal dengan skor berkisar antara 57,6 poin dan 49,7 poin. 3 turut mempertahankan penghargaan pengalaman Aplikasi Suara dengan nilai 78,6 poin yang bersaing dengan Telkomsel dengan 76,1 poin.

“Secara keseluruhan, pengalaman jaringan seluler di Indonesia telah meningkat di sebagian besar kategori penghargaan kami, dibandingkan dengan laporan kami sebelumnya, dengan sedikit pengecualian, yang patut diperhatikan mengingat konsumsi data telah tumbuh secara signifikan di negara ini selama setahun terakhir” tutup khatiri.

- Advertisement -

Artikel Terkait

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

DANA Dukung Konser Amal “NTT adalah Kita”

Techbiz.id - Aplikasi DANA mendukung gerakan yang digagas Ananda Sukarlan dan beberapa musisi muda asal NTT, Habitat Indonesia dengan...