Sabtu, September 25, 2021
Beranda Column Operator Wajib Lakukan Ini Sebelum Promo 5G

Operator Wajib Lakukan Ini Sebelum Promo 5G

Must Read

Warganet: Penangkapan Penyiram Novel Baswedan Hanya Pengalihan Isu Jiwasraya

Techbiz.id - Keberhasilan polisi menangkap pelaku penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mendapat sambutan berbagai...

Fitur Populer di Oppo Reno Series

Techbiz.id - Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen saat akan membeli perangkat smartphone. Selain dari spesifikasi, desain, dan komposisi kamera,...

Review OPPO A54: Stylish dan Kaya Fitur

Techbiz.id - OPPO A54 hadir sebagai wajah baru bagi lini seri A OPPO berkat layar punch hole serta sertifikasi...

2 Seri Polytron Soundbar Bisa Ubah Kamar jadi Studio

Techbiz.id - Polytron merilis kembali generasi penerus soundbar, dengan tipe PHT 230/SB dan PHT 225/SB yang bisa menyulap kamar...

Dijual Online, Oppo A52 Resmi Meluncur

Techbiz.id - Hari ini, OPPO Kembali meluncurkan perangkat baru, OPPO A52, yang khusus diperuntukan untuk penjualan daring. “OPPO A52 adalah...

Smartphone Gaming Infinix Hot 10S Resmi Dirilis

Techbiz.id - Infinix kembali memberi gebrakan lewat rilis produk teranyarnya dari seri HOT dengan merilis smartphone gaming kolaborasi dengan...

Techbiz.id – Indonesia tengah bersiap menghadirkan layanan 5G secara komersial. Dua operator terbesar di Indonesia tengah melakukan uji layak operasi (ULO) untuk mendaatkan izin penggelaran 5G secara komersial.

Namun demikian, menurut Anggota Dewan TIK Nasional (Wantiknas), Garuda Sugardo, sebelum aksi promo 5G, persiapan yang sejatinya harus dilakukan operator adalah melakukan edukasi kepada pelanggan atau program ”customer education”.

“Edukasi pelangan mengenai 5g harus ada dan perlu jaminan kenyamanan dan keamanan pelanggan. Customer experiences adalah harga mati,” ungkap Garuda yang juga mantan Direksi Telkomsel.

Garuda mencntohkan soal penomoran layaan operator seluler, masih banyak pelanggan yang belum paham, bahwa bila menyebut nomor ponselnya (MSISDN) yang 10 hingga 12 digit haruslah diawali dengan 4 digit kode operator (semacam kode area telepon). Misalnya: 0811, 0855, 0878 dst. 

Baca juga: Kabar Gembira, Layanan 5G Segera Hadir di Indonesia

“Penyebutannya nggak bisa dipotong dengan 081, 085, 087 apalagi dengan 08. Busyet!  Hal yang mendasar  itu adalah PR sosialisasi operator, terutama yang mengaku sebagai jawaranya seluler atau yang paling Indonesia,” kata Garuda.

Lebih lanjut, sebagai pelanggan dikatakan Garuda setiap harinya kenyang menerima SMS dan WA gelap. Ada yang sekedar iseng, tapi banyak yang bertujuan mengelabui dengan pelbagai tipu dayanya.

Dengan mengenal prefix empat digit di atas, pelanggan akan langsung tahu si penipu menggunakan provider yang mana, tapi mau lapor ke mana dan nomor berapa? Padahal dengan registrasi prabayar sejak 2017, sejatinya semua nomor terverifikasi di operator. 

“Bila ponsel Anda hilang, paling-paling operator hanya bisa memblokir nomor MSISDN Anda. Bukan job mereka untuk melakukan pelacakan di mana ponsel raib itu berada, kendati teknis pendeteksi IMEI di sistem amat memungkinkan. Polisi bisa membantu bila sistem lacak tersedia,” tegasnya.

Sistem cyber security untuk melindungi komplen pelanggan menurutnya harus terwujud sebelum 5G beroperasi di Indonesia. Sistem tracing yang terintegrasi online antaroperator wajib segera diimplementasikan dengan kolaborasi antara operator, kepolisian dan unsur pemerintah terkait. Ingat, makin modern layanan seluler (baca: 5G) makin canggih pula modus cyber crime, fraud and hoax di masa depan.

“Ini serius. Pengawasan terhadap modus “bakar-bakaran” nomor perdana 5G absolutelly haram dilakukan operator. No more! Sanksi harus tegas dengan mengambil contoh kasus penggunaan antigen bekas di bandara Kualanamu Sumut.  Bila terjadi lagi, pecat semua dan kirim ke sel biar kapok. 5G Indonesia harus secure dan steril,” pungkasnya.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Fitur Beli Pulsa & Data di DANA Tumbuh 56%

Techbiz.id - Sepanjang bulan Agustus 2021, DANA melaporkan bahwa fitur Pulsa & Data mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan jika...