Senin, Juli 4, 2022
BerandaTelcoSetahun Berjalan, Kecepatan 5G di Indonesia Meningkat

Setahun Berjalan, Kecepatan 5G di Indonesia Meningkat

Must Read

Techbiz.id – Kehadiran 5G di Indonesia sudah berjalan lebih dari setahun yang lalu. Laporan dari Opensignal menyebut, kecepatan jaringan generasi ke-5 ini berhasil mengalami peningkatan baik dari kecepatan unggah, unduh hingga pengalaman game sekalipun.

Perlu diketahui, kala kemunculan 5G, Telkomsel merupakan operator pertama yang meluncurkan layanan 5G komersial di wilayah terbatas di Tanah Air. Kemudian diikuti oleh Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata.

Berdasarkan data dari Opensignal, menunjukkan bahwa meskipun layanan 5G Indonesia masih dalam tahap awal, 5G sudah memberikan peningkatan yang signifikan dalam pengalaman seluler dibandingkan dengan teknologi 4G dan 3G yang lebih lama.

“Dalam analisis ini, kami telah memeriksa pengalaman seluler dunia nyata dari pengguna ponsel cerdas kami di Indonesia pada jaringan 3G, 4G, dan 5G, dan membandingkannya satu sama lain dalam hal kecepatan unduh dan unggah rata-rata, dan pengalaman mereka saat streaming. video dan bermain game seluler multipemain.” tulis Opensignal dalam laporannya, dikutip Sabtu (4/6/2022).

Analisis itu membuktikan kecepatan unduh pengguna rata-rata mencapai 64,3 Mbps saat terhubung di 5G. Ini berarti 3,9 kali lebih cepat dari 4G dan 10,8 kali lebih cepat dari 3G. Namun, perbedaan antara 3G dan 4G rata-rata lebih kecil, dengan kecepatan unduh 4G pengguna rata-rata 16,4 Mbps atau 2,8 kali lebih cepat dari kecepatan 3G.

Kecepatan 5G Indonesia

Opensignal juga melaporkan ada peningkatan serupa dalam kecepatan unggah seluler pengguna dengan 5G. Pengguna mengalami kecepatan unggah rata-rata 19,6 Mbps saat terhubung ke 5G atau 2,6 kali lebih cepat dari 7,4 Mbps saat terhubung ke 4G.

Kesenjangan antara 3G dan 4G bahkan lebih tinggi. Rata-rata kecepatan unggah 4G pengguna mencapai 3,6 kali lebih cepat daripada kecepatan mereka saat terhubung ke 3G.

Baca juga: OpenSignal: Telkomsel Paling Dominan di Indonesia

Halaman selanjutnya: sementara kecepatan unduh…

Terkait

Artikel Terkait

Aplikasi Edit Video Terbaik 2022 untuk Android

Techbiz.id - Aplikasi edit video terbaik 2022 di Android saat ini banyak dicari pengguna. Berbagai aplikasi edit video bertebaran...