Jumat, Januari 21, 2022
BerandaTelcoOpensignal: Dominasi Pengalaman Seluler Telkomsel Terancam

Opensignal: Dominasi Pengalaman Seluler Telkomsel Terancam

Must Read

Techbiz.id – Telkomsel terus menjadi operator yang mendominasi di Indonesia. Dalam laporan terbaru Opensignal, Telkomsel memenangkan empat dari tujuh pengalaman seluler terbaik yang mampu dihadirkannya seperti Pengalaman Video, Pengalaman Kecepatan Unduh, Pengalaman Kecepatan Unggah, dan Pengalaman Jangkauan 4G. 

Namun menurut Opensignal, dominasi Telkomsel pada pengalaman jaringan seluler di Indonesia terancam karena rival terdekatnya di dua kategori ini hampir menyamainya. 

Sejak laporan sebelumnya, pengguna Telkomsel terlihat mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam metrik kecepatan, tetapi secara komparatif, pengguna XL dan Indosat mengalami peningkatan yang sedikit lebih tinggi masing-masing dalam Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah. Hasilnya, kedua operator tersebut berjarak 1 Mbps untuk mengalahkan Telkomsel dalam masing-masing penilaian tersebut.

Baca juga: OpenSignal: Telkomsel Paling Dominan di Indonesia

Di sisi lain, Telkomsel hanya berjarak satu poin untuk melampaui Tri dalam meraih posisi teratas pada Pengalaman Aplikasi Suara. Selain itu, Telkomsel juga telah mengurangi dominasi Tri dalam Pengalaman Game hingga hampir setengahnya sejak laporan terakhir, tetapi untuk skor Tri tetap unggul secara signifikan (6,6 poin).

Beralih ke Ketersediaan 4G, pengguna kami di seluruh jaringan Indonesia mengalami peningkatan dalam proporsi waktu yang mereka habiskan untuk terhubung ke 4G, kecuali Smartfren.

pengalaman seluler telkomsel

Pengguna Opensignal dari keempat jaringan ini juga melaporkan peningkatan 0,1 poin dalam Pengalaman Jangkauan 4G, yakni penilaian tentang pengalaman pelanggan seluler terkait jangkauan 4G di jaringan suatu operator, dan Telkomsel memimpin papan skor dengan skor 8,5 poin pada skala 10 poin.

Selain itu, dalam laporannya, Opensignal juga memaparkan bahwa ketersediaan 4G di Indonesia menunjukkan proporsi rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Opensignal untuk terhubung ke 4G di setiap jaringan operator.

Sejak laporan terakhir, pengguna Opensignal di Indonesia telah melihat peningkatan Ketersediaan 4G di sebagian besar jaringan. Pengguna Opensignal di jaringan Indosat mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 1,2 poin persentase, diikuti peningkatan satu poin persentase Telkomsel yang cukup baik untuk mendorong skor Telkomsel melampaui angka 90%.

Pada saat yang sama, pengguna XL dan Tri juga merasakan sedikit peningkatan, namun secara statistik signifikan sebesar 0,4 poin. Ini berarti pengguna di kelima jaringan di Indonesia dapat terhubung ke layanan 4G setidaknya 90% setiap saat.

Terkait

Artikel Terkait

Infinix Inbook X2, Pertama dengan Pencahayaan Ganda

Techbiz.id - Infinix kembali merilis perangkat laptop dengan menghadirkan INBOOK X2 yang mengusung fitur inovatif seperti ultralight metal bodi,...