Jumat, April 26, 2024

XL Axiata Sudah Laik Gelar Jaringan 5G Secara Komersial

Techbiz.id – XL Axiata mendapat izin penggelaran jaringan 5G secara komersial setelah mendapat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (6/8/2021).

Menurut Menteri Komuniasi dan Informatika RI, Johnny G Plate, uji laik operasi 5G XL Axiata sudah dilakukan pada tanggal 3 hingga 5 Agustus 2021. Pelaksanaan uji coba 5G dilakukan XL Axiata di area jalan Margonda kota Depok.

“Dengan demikian XL Axiata menjadi operator seluler ketiga yang akan menggelar jaringan 5G secara komersial di Indonesia.Kita berharap agar komersialisasi 5G dapat berkembang dengan baik di Indonesia,” ucap Menteri Johnny.

Dalam menggelar jaringan 5G secara komersial, XL Axiata akan menggunakan spektrum 1800Mhz dengan lebar pita 20Mhz pada rentang frekuensi 1807,5Mhz hingga 1827,5Mhz.

Baca juga: Siapkan Ekosistem 5G, XL Axiata Bangun Private Cloud

Dengan dikeluarkannya SKLO 5G kepada tiga operator seluler di Indonesia menurut Menteri Johnny menunjukkan bahwa industri penyedia layanan jaringan 5G dapat berkembang secara komersial dengan baik di Indonesia. Walaupun sekarang ini layanan 5G sedang berada di tahap initial operation.

Pencapaian baik tersebut menurutnya tentu tidak terlepas dari fasilitasi kebijakan yang tertuang dalam Undang-Undang No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang meliputi antara lain kebijakan yang terkait dengan infrastruktur sharing aktif dan pasif, spectrum sharing dan engaturan coeksistensi layanan over the top dengan layanan multimedia konvensional.

SKLO 5G XL Axiata

Direktur Utama XL Axiata, dian Siswarini menyampaikan bahwa, meskipun SKLO 5G baru didapat oleh XL Axiata, berbagai persiapan dan rangkaian uji coba layanan 5G sudah sejak lama dilakukan oleh pihaknya.

“Kami mendukung sepenuhnya percepatan implementasi 5G di Indonesia selaras dengan spirit untuk terus berinovasi dan selalu adaptif terhadap perkembangan teknologi yang terjadi di dunia,” ucap Dian.

Dalam menggelar jaringan 5G secara komersial ini disampaikan Dian, XL Axiata menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dengan menggunakan sektrum existing. Implenetasi teknologi DSS ini menjadi alternatif pilihan mengingat spektrum khusus 5G belum dimiliki oleh XL Axiata.

Setelah mendapatkan SKLO 5G, XL Axiata akan secara bertahap memperluas cakupan wilayah layanan 5G, mempercepat ekosistem yang diperlukan seperti fiberisasi jaringan dan ketersediaan smartphone berbasis 5G.

Penerimaan SKLO 5G dari Kementerian Kominfo ini menurut Dian sekaligus juga menandai rangkaian perayaan XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya membangun Indonesia digital.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...