Sabtu, April 27, 2024

Alibaba Cloud Luncurkan Chip Server untuk Optimalkan Komputasi Awan

Techbiz.id – Sebuah Chip server bernama Yitian 710 yang dibuat khusus oleh bisnis pengembangan chip Alibaba Group resmi diluncurkan untuk digunakan di data center Alibaba Cloud

Alibaba Cloud juga mengumumkan pengembangan server miliknya bernama Panjiu yang ditenagai oleh chip server Yitian 710. Kombinasi tersebut diatur untuk meningkatkan layanan komputasi awan perusahaan yang terdepan melalui pengotimalan kinerja komputasi dan efisiensi energi.

Menurut Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence dan Head of Alibaba DAMO Academy, penyesuaian chip server merupakan sebuah upaya berkelanjutan yang secara konsisten kami lakukan untuk meningkatkan kapabiltas komputasi sehingga memiliki kinerja yang lebih baik dan meningkatkan efisiensi energi.

“Kami berencana untuk menggunakan chip yang dibuat secara khusus ini untuk mendukung bisnis pada saat ini maupun di masa depan di seluruh ekosistem Alibaba Group. Kami juga akan menawarkan kepada klien kami layanan komputasi generasi selanjutnya yang didukung oleh server baru bertenaga chip (chip-powered) dalam waktu dekat,” ucapnya.

Lebih lanjut, bersama dengan mitra global, seperti Intel, Nvidia, AMD dan Arm, Alibaba Cloud akan terus menginovasi infrastruktur komputasi perusahaan dan menawarkan beragam layanan komputasi kepada para pelanggan global.

Baca juga: Alibaba Cloud Luncurkan Solusi Livestreaming Buat E-commerce

Dibuat dengan menggunakan 5nm process teknologi yang canggih, Yitian 710 ditenagai oleh 128 Arm core dengan clock speed 3.2GHz, sehingga mampu menghasilkan kinerja dan efisiensi energi yang luar biasa. Setiap chip prosesor memiliki 60 miliar transistor yang terintegrasi.

Yitian 710 adalah prosesor server pertama yang kompatibel dengan arsitektur Armv9 terbaru. Ini mencakup 8 saluran DDR5 dan 96-lane PCIe 5.0 untuk menyediakan memori tinggi dan bandwidth I/O.

Yitian 710 mendapat skor 440 di SPECint2017 (tolak ukur standar untuk mengukur kekuatan pemrosesan integer CPU), melampaui prosesor server Arm terkini yang canggih, sebesar 20% dalam kinerja dan 50% dalam efisiensi energi.

Sedangkan Panjiu dikembangkan untuk infrastruktur cloud-native generasi selanjutnya. Dengan memisahkan komputasi dari penyimpanan (storage), server dioptimalkan untuk komputasi AI dengan tujuan umum (general-purpose) dan juga tujuan khusus.

Melalui pendekatan desain modular untuk penggunaan data center berskala besar, server-server ini diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis yang luar biasa untuk beban kerja cloud-native yang beragamseperti dalam pengaplikasian konteiner dan komputasi beban kerja yang dioptimalkan.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...