Minggu, Mei 22, 2022
BerandaNews5 UMKM Terima Modal Usaha dari Telkomsel

5 UMKM Terima Modal Usaha dari Telkomsel

Must Read

Techbiz.id – Lima pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi yang terbaik di ajang Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang digelar Telkomsel dan berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total Rp200 juta.

Penyelenggaraan DCE ini menurut Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit merupakan salah satu perwujudan komitmen perusahaan sebagai society enabler dalam mengakselerasi kemajuan UMKM Indonesia untuk Go Digital melalui peningkatan kapabilitas dan kompetensi para pelaku UMKM itu sendiri.

“Telkomsel berharap DCE dapat memberikan dampak nyata pada pemberdayaan UMKM sehingga menjadi smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dalam mengembangkan potensi bisnisnya,” ungkap Sigit.

Program DCE 2021 ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Pada penyelenggaraannya, program DCE membuka peluang bagi UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, kerajinan tangan, fesyen, dan usaha mikro.

Dari sebanyak 911 pelaku UMKM yang mendaftar dari 34 provinsi dan 200 kota/kabupaten, DCE memilih 150 pelaku UMKM berdasarkan aspek produk, legalitas, finansial, digital, dan kreativitas untuk mengembangkan kapabilitas di intimate session dan workshop.

Baca juga: Telkomsel Perkuat Kapabilitas dan Kompetensi Digital UKM

Selajutnya, para peserta diseleksi menjadi 20 besar terbaik untuk dibimbing oleh para mentor dari tim 99%Usahaku, Kuncie, dan MyAds. Kemudian 9 peserta terbaik berhak masuk sebagai finalis untuk mengikuti Virtual Exhibition DCE. Puncaknya, dari jumlah tersebut terpilihlah 4 peserta terbaik di setiap kagetori dan 1 peserta Best of The Best DCE yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi di antara seluruh peserta DCE 2021.

Adapun sebanyak 150 pelaku UMKM yang terpilih untuk mengikuti sourcing initiative program DCE didominasi berasal dari Jawa-Bali dan Nusa Tenggara (40 pelaku UMKM), Sumatra (37 pelaku UMKM), Papua-Maluku-Sulawesi-Kalimantan (37 pelaku UMKM) dan Jabodetabek (36 pelaku UMKM). 

Besarnya minat masyarakat dan pelaku UMKM pada program DCE juga terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung Virtual Exhibition yang terus meningkat setiap harinya. Sejak dimulai perdana pada 24 Maret 2022, tercatat jumlah pengunjung terus meningkat mencapai lebih dari 3.000 pengunjung pada 4 April 2022.

“Kami berharap, seluruh peserta UMKM, baik yang berhasil masuk hingga tahap final maupun tidak, dapat benar-benar mengimplementasikan apa yang sudah dipelajari selama bergabung di talent sourcing initiatives program DCE, sehingga mampu untuk terus berkembang dan memajukan usaha,” pungkas Sigit.

Terkait

Artikel Terkait

Cara Bikin Konten Makanan Biar Viral

Techbiz.id - Penikmat video pendek makin sering disuguhkan konten seputar makanan mulai dari mukbang hingga tutorial memasak. Konten mengenai...