Jumat, Mei 27, 2022
BerandaTelcoTelkomsel Implementasikan IoT di Destinasi Wisata Ancol

Telkomsel Implementasikan IoT di Destinasi Wisata Ancol

Must Read

Techbiz.id – Telkomsel melakukan digitalisasi arena Taman Impian Jaya Ancol dengan mengimplementasikan teknologi digital dan internet-of-things (IOT) di beberapa destinasi wisata yang berada di bawah pengelolaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Penerapan teknologi tersebut merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) dalam mewujudkan Smart & Green Theme Park pada Destinasi Wisata.

Telkomsel dan Ancol sepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih dalam untuk menghadirkan customer journey dan engagement yang lebih baik dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung dan mendorong tingkat kunjungan kawasan Taman Impian Jaya Ancol ke depannya.

Telkomsel dan Ancol juga berharap dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30 persen, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Menurut Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit, kerja sama strategis ini mendemonstrasikan keberlanjutan komitmen Telkomsel sebagai digital connectivity enabler yang mengedepankan pemanfaatan aset dan teknologi digitalnya bagi kemajuan berbagai sektor di Indonesia, khususnya dalam mendukung tujuan transformasi digital yang dilakukan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.

Baca juga: Akhirnya Pelanggan Indihome dan Telkomsel Sudah Bisa Nikmati Netflix

“Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami meyakini dapat menghadirkan berbagai solusi digital yang membukakan lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Ancol. Dengan menjadi rekan strategis bagi Ancol, Telkomsel dapat terus membangun dan memajukan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur Transformation & Business Development PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Wing Antariksa menambahkan, setelah menerapkan digitalisasi dalam ticketing online dan meluncurkan Ancol Apps, kini Ancol tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia.

digitalisasi ancol

Dalam rangka mewujudkan inovasi tersebut, Ancol menjalin kolaborasi bersama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Kolaborasi ini melandasi peluang kerja sama dalam penerapan IOT dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata.

“Kami berharap kolaborasi dengan Telkomsel dapat menaikkan interaksi antara Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini, yang bertujuan untuk meningkatkan antusiasme pengunjung berwisata ke Ancol. Pada tahun ini, Ancol menargetkan jumlah kunjungan naik 57 persen atau di angka 5,5 juta pengunjung,” jelasnya.

Sebagai tahap awal, Telkomsel dan Ancol akan menjajaki sejumlah skenario implementasi use case solusi bisnis dan layanan berbasis teknologi IOT. Pertama, Telkomsel akan mengembangkan aspek Customer Experience pada destinasi wisata Ancol dengan implementasi Smart UtilitySmart LightingElectric Vehicle, Autonomous Bus, hingga Integrated Smart Dashboard. Kemudian sebagai use case pada aspek Digital Engagement dan Single Customer View di destinasi wisata Ancol, Telkomsel akan mengembangkan Customer Engagement Platform.

Selain itu, Telkomsel pun berencana menerapkan use case RFID dan Computer Vision untuk digitalisasi Visitor Tracking dan Crowd Management. Untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol, Telkomsel juga akan mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas Low Code Platform.

Terkait

Artikel Terkait

Harga iPhone 12 Pro Max Update 2022, Turun 13% Jadi Segini?

Techbiz.id - Harga iPhone 12 Pro Max masih banyak diburu oleh konsumen Indonesia. Pasalnya, selepas kehadiran iPhone 13 Series,...