Selasa, Mei 21, 2024

Tim Formula E Mercedes-EQ Siap Debut di Jalanan Jakarta

Techbiz.id – Tim Formula E Mercedes-EQ untuk pertama kalinya menuju ibukota Indonesia, Jakarta untuk bertanding di ronde kesembilan 2021/22 ABB FIA Formula E World Championship

Menurut President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun,
Formula E merupakan langkah besar untuk kendaraan listrik di Indonesia karena ini adalah pertama kalinya balap dengan mobil listrik diadakan di Indonesia.

“Bagi Mercedes-Benz, merupakan sebuah kehormatan bahwa acara sebesar Formula E diselenggarakan di Indonesia. Dengan dimulainya turnamen Formula E, kami semakin yakin akan peluncuran kendaraan listrik pertama kami, the all-new EQS,” ucap Choi Duk Jun.

Lebih lanjut Choi Duk Jun percaya bahwa dengan elektrifikasi Mercedes-Benz di Indonesia, masyarakat akan berkesempatan untuk merasakan tidak hanya efisiensi, tetapi juga kenyamanan dan kemewahan melalui model Mercedes-EQ yang akan hadir.

Baca juga: Teknologi Data Tibco Bawa Tim F1 Mercedes Raih Kemenangan

“Elektrifikasi juga merupakan bagian penting dari Mercedes-Benz Ambition 2039, visi kami untuk rangkaian kendaran bebas emisi. Melalui visi ini, kami berkomitmen terhadap perlindungan iklim dan pengendalian polusi, elemen penting dalam strategi bisnis keberlanjutan kami. Kami menanti balap ini serta berharap Tim Formula E Mercedes-EQ akan tampil dengan baik dan mempertahankan gelar mereka,” imbuhnya.

Tim Formula E Mercedes-EQ sendiri akan memasuki wilayah baru untuk pertama kalinya di musim ini, karena satu ronde di ABB FIA Formula E World Championship akan diadakan di sirkuit jalanan yang baru di Jakarta pada akhir pekan ini (Sabtu, 4 Juni 2022).

Lintasan balap di ibukota Indonesia tersebut memiliki panjang 2,37 km dan 18 sudut. Kesempatan menyalip terbaik kemungkinan besar akan ada di Turn (Tikungan) 1 dan 13. Mobil Gen2 dapat mencapai kecepatan maksimal 220 km/jam saat mendekati Turn 1 dan waktu putaran diperkirakan sekitar 1:07 menit.

Perbedaan antara 250kW dan 220kW di sirkuit baru diperkirakan sekitar 0,6 detik. Zona aktivasi untuk Attack Mode terdapat pada Turn 16 di mana pengemudi akan kehilangan 1,2 detik saat mengemudi di luar garis balap normal.

Ronde kesembilan musim ini di Jakarta adalah acara satu hari dengan semua sesi, termasuk latihan pertama, latihan kedua, kualifikasi dan E-Prix diadakan pada Sabtu, 4 Juni. Balap akan dimulai pada jam 09:04 BST/15.04 WIB.

Setelah 8 balapan yang telah diadakan sepanjang musim ini, Stoffel Vandoorne memilik 111 poin dan memimpin Klasemen Pembalap ABB FIA Formula E World Championship, berada di atas Edoardo Mortara dari Venturi Racing (99 poin). 

Nyck de Vries berada di posisi keenam dengan 65 poin setelah memenangkan balapan sebelumnya di Berlin. Tim Formula E Mercedes-EQ dengan 176 poin memimpin Constructors’ Championship di atas Venturi Racing (148 poin).

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...