Jumat, April 26, 2024

OCBC NISP Gelar Hack@on untuk Ciptakan Inovasi Layanan Open Banking

Techbiz.id – Bank OCBC NISP bmenggelar kegiatan kompetisi pemrograman yang bertajuk OCBC NISP Hack@ON dengan mengusung tema #GakPerluRibet Let’s Bank Differently.

Program Hack@ON Bank OCBC NISP ini merupakan ajang inovasi berbasis teknologi, yang bertujuan menghasilkan pengalaman perbankan baru dan mengajak para talenta teknologi bangsa untuk dapat menyalakan ide orisinil dan terbaiknya, dalam memajukan inklusi keuangan untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik.

Menurut Head of Human Resources Bank OCBC NISP, Julie Anwar, untuk dapat berinovasi, ‘sumber daya manusia’ menjadi kunci utama dalam mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dan kompleks.

“Dengan era open banking ini, kami melihat peluang untuk akselerasi layanan dan inovasi, sehingga kami mengajak para inovator dan talenta teknologi bangsa untuk bersama – sama mengambil peran untuk berinovasi dan bersama-sama menjadikan Indonesia financialy fit,” ujar Julie.

Sebagai informasi, Open Banking sendiri merupakan mekanisme penyediaan akses data nasabah secara terbuka namun aman melalui penggunaan teknologi berupa open Application Programming Interface (API).

Baca juga:

Dengan teknologi tersebut, pihak ketiga dapat mengakses data-data yang mereka butuhkan dari nasabah melalui sambungan yang tersedia,dengan persetujuan dari nasabah yang bersangkutan.

Menggunakan konsep ini, Bank dapat menciptakan suatu inovasi layanan atau aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap nasabah secara personal (personalized). Sebagai hasilnya, teknologi tersebut dapat meningkatkan kepuasan dan pengalaman nasabah, sebab mereka dengan mudah mengakses layanan perbankan di keseharian mereka.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...