Kamis, Oktober 24, 2024

70% Aplikasi di XL Axiata Akan Dipindah ke Awan

Techbiz.id – Untuk menciptakan efisiensi, XL Axiata berencana akan memindahkan sebagian besar aplikasi yang berada di server miliknya untuk dipindah ke layanan awan (cloud).

“Dalam tiga tahun ke depan kami akan memindahkan 70 persen aplikasi yang ada di server on-premise kami ke layanan public cloud,” ungkap Chief Information & Digital Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam press briefing Amazon Web Services.

Lebih lanjut disampaikan Yessie, 30 persen sisa aplikasi akan tetap ada di server on-premise karena beberapa pertimbangan teknis seperti latency sensitive, critical application dan sebagainya.

“Yang tetap ada di server kami karena alasan tertentu diantaranya adalah aplikasi untuk billing,” imbuh Yessie.

Baca juga: XL Axiata Gandeng Google untuk Transformasi Digitalnya

Beberapa aplikasi yang sudah dipindahkan ke awan diterangkan Yessie diantaranya adalah aplikasi touch point seperti MyXL, Axisnet serta web korporat.

“Tidak hanya untuk customer, aplikasi untuk sales, sistem distribusiyang membutuhkan interaksi dengan patner sangat membutuhkan infrastruktur yang fleksibel,” tegasnya.

Pemindahan aplikasi ke awan ini selain untuk transformasi digital juga dapat menciptakan efisiensi biaya.

Dengan menggunakan layanan awan, jika dihitung berdasarkan total cost ownership (TCO) menurut Yessie bisa mendapatkan penghematan biaya hingga 30 persen.

“Efisiensi biiaya kalau dari sisi data center tentu saja jelas ada perbedaanya karena tidak perlu mempunya data center sendiri. Biayanya juga bergantung pada kapasitas yang digunakan,” jelas Yessie. 

Untuk urusan keamanan, Yessie meyakini layanan awan ini sudah dibuat sedemikian rupa pengamanannya dimana pengoperasiannya banyak yang mengatur di belakangnya.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...