Kamis, September 23, 2021
Beranda Devices 3 Smartphone Mid Range yang Bersaing Ketat

3 Smartphone Mid Range yang Bersaing Ketat

Must Read

Mi Smart Band 6 Debut Akhir Maret Tahun Ini

Techbiz.id - Xiaomi sudah menetapkan jadwal debut dari Mi Smart Band 6. Bersamaan dengan Mi Mix dan Mi 11,...

ShopeePay Tawarkan Diskon dan THR selama Ramadan

Techbiz.id - ShopeePay meluncurkan kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals dengan menghadirkan berbagai penawaran menarik untuk mendukung masyarakat memenuhi kebutuhan...

Kantongi TKDN, Smartphone Wiko Siap Rilis Di Indonesia?

Techbiz.id - Setelah 2 tahun vakum di Indonesia, Wiko tengah mempersiapkan perangkat baru berupa smartphone. Itu terbukti dengan kemunculan smartphone...

Telkomsel Dukung UMKM Surakarta Go Digital

Techbiz.id - Telkomsel berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kota Surakarta dalam menyukseskan program UMKM Surakarta Go Digital. Kolaborasi...

Realme 5 Pro Turun Harga

Techbiz.id - Sebagai bentuk apresiasi atas kesuksesan penjualan Realme 5 series, perusahaan kini menghadirkan perangkat tersebut dengan harga yang...

Huawei Sediakan Akses Live Streaming Buat E-Commerce

Techbiz.id - Huawei membuka peluang bagi pengembang untuk memberikan solusi live streaming bagi industri e-commerce untuk berkembang secara pesat...

TechBiz.ID – Sederetan smartphone dari kelas menengah hingga teratas dengan spesifikasi terdepan mengisi maraknya pasar ponsel di Indonesia. Hingga pada akhir kuartal ketiga tahun ini, sudah terdengar sejumlah produk baru yang layak dipertimbangkan untuk dimiliki pemakai smartphone di Nusantara.

Salah satu pemain smartphone kelas menengah, Oppo meluncurkan produk anyarnya, Reno2 F. Smartphone ini diperkirakan akan mampu menyumbang persaingan ketat di kelas menengah. Terutama di sisi desain, kapasitas kamera dan spesifikasinya.

Dua nama lainnya, Huawei nova 5T dan Samsung A70 sudah diperkenalkan lebih dulu. Tentunya kehadiran tiga produsen terkemuka smartphone dalam waktu yang berdekatan, akan sangat menarik dan ditunggu konsumen. Namun mengingat kemiripan harga dan beberapa spesifikasi teknologi yang diusungnya, akan membuat konsumen mesti mampu melihat penawaran mana yang lebih menarik dan dibutuhkannya.

Desain dan bahan bodi

Ketiga smartphone mid-range ini menyajikan bahan dan desain bodi yang berbeda, namun menampilkan konsep yang mirip, yakni tampilan bodi elegan yang sudah mengusung daya tarik smartphone premium. Kualitas premium bodi ketiganya dapat dilihat nyata oleh konsumen dari kualitas tinggi bahan yang digunakan.

Tampilan belakang bodi HUAWEI nova 5T dan Oppo Reno2 F berbahan kaca dan berkerangka logam. Sedangkan Samsung Galaxy A70 meski hanya menggunakan panel plastik tapi cukup mampu memberikan tampilan mengkilap. Sedangkan dalam soal ukuran, Samsung Galaxy A70 menjadi smartphone yang terbesar lalu diikuti dengan Oppo Reno2 F. Dari ketiganya, yang paling ringkas adalah HUAWEI nova 5T.

Selain itu, ketiganya juga hadir dengan variasi warna yang cukup menarik konsumen. Ketika berbicara tentang port USB yang disajikan, ketiganya mengusung USB Type C. Namun untuk fitur mendengarkan musik atau audio, Samsung A70 dan Oppo Reno2 F hanya dilengkapi dengan port audio 3.5mm. Di fitur ini HUAWEI nova 5T mengungguli keduanya, karena sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth 5.0.

Adanya fitur ini tersebut tentu akan mempermudah konektifitas audio para penyuka musik. Seperti yang diketahui banyak pengguna bluetooth 5.0 adalah teknologi bluetooth anyar yang sangat mendukung suara berkualitas tinggi.

Kamera

HUAWEI nova 5T layak menjadi pilihan terunggul karena memiliki lima kamera AI, empat kamera AI di belakang, dan satu kamera AI di depan. Tak kurang spesifikasi tinggi 48MP sebagai kamera utama, 16MP untuk kamera ultrawide, 2MP kamera makro, dan 2MP untuk kamera potret, serta tambahan kamera depan 32MP disematkan Huawei di nova 5T.

Sedangkan Samsung Galaxy A70 hanya memiliki kamera belakang 32MP sebagai kamera utama, 8MP untuk kamera ultrawide, 5MP untuk kamera potret, dan kamera depan 32MP. Dan di posisi selanjutnya, Oppo Reno2 F memiliki kamera belakang 48MP sebagai kamera utama dan 8MP lensa wide angle, serta lensa mono dan Potrait yang juga berukuran 2MP. Kamera depan pop-up 16MP.

Secara keseluruhan, pengalaman fotografi terbaik dimiliki oleh HUAWEI nova 5T. Smartphone ini memiliki banyak lensa terbanyak yang memungkinkan konsumen untuk beradaptasi dengan berbagai skenario pemotretan. Namun jika harus memilih antara kedua handset lainnya, Oppo Reno2 F patut dipertimbangkan karena hasil foto dari smartphone ini memiliki kualitas yang menurut banyak pihak lebih tajam ketimbang Samsung A70.

Perfoma Terbaik bagi Gamers

Banyak kalangan mengatakan bahwa kelas menengah smartphone adalah ajang adu kecepatan prosesor bagi semua produsen smartphone. Pada posisi pertama, Huawei nova 5T sendiri mengklaim prosesornya sebagai “King of Midrange Smartphone” dengan menyematkan flagship chipset Kirin 980 (7nm) sebagai prosesornya. Kirin adalah chipset yang dikembangkan sendiri oleh tim R&D Huawei. Dengan menggunakan chipset Kirin, Huawei dapat membuat perangkat sesuai dengan yang dinginkan konsumen. Karena, Kirin di desain untuk memaksimalkan performa dari produk Huawei, dan itu yang menjadi nilai lebih dari Huawei.

Chipset yang digunakan ini sama persis dengan yang ada pada smartphone pabrik sama yang berharga lebih mahal, Huawei P30 Pro. Smartphone P30 Pro ini sudah masuk dalam kelas smartphone flagship yang dimiliki oleh Huawei saat ini. Tidak hanya itu juga, dukungan GPU Turbo pada handset HUAWEI nova 5T memungkinkan permainan game yang cepat dan tanpa lagging. Performa tinggi ini tentu sangat ditunggu kalangan gamer Nusantara, mengingat hasil pertandingan yang positif sangat dipengaruhi kualitas chipset. Sedangkan dua smartphone lain, Samsung A70 dan Oppo Reno 2F secara berurutan menggunakan Snapdragon 675 dan Mediatek Helio P70.

Terkait

Artikel Terkait

Terbaru

Oppo A16 Kini Hadir dengan RAM 4GB

Techbiz.id - Dirilis pada Juli lalu, Oppo kini menambah kapasitas RAM dan memori yang lebih besar untuk Oppo A16,...