Kamis, April 18, 2024

Chilibeli Raih Pendanaan USD10 juta

Techbiz.id – Chilibeli, social commerce platform (perniagaan sosial berbasis komunitas) yang menghubungkan petani dan pemasok dengan setiap rumah tangga berhasil meraih pendanaan sebesar USD10 juta.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh Lightspeed Ventures dengan partisipasi dari investor terkemuka seperti Golden Gate Ventures, Sequoia Surge, Kinesys Group, serta Alto Partners.

Didirikan pada bulan Juli 2019, Chilibeli memberdayakan agen yang disebut sebagai Mitra Chilibeli, yang sebagian besar terdiri dari para ibu rumah tangga, dan memberikan mereka kesempatan untuk menciptakan nilai lebih bagi konsumen, mendorong tali silaturahmi, dan meningkatkan pemasukan bagi perekonomian keluarga.

Sejak didirikan, kinerja Chilibeli menunjukkan pertumbuhan 150% setiap bulan, serta menciptakan 300 lapangan pekerjaan langsung dan ribuan lapangan pekerjaan tak langsung bagi para Mitra Chilibeli di Indonesia.    

“Kami tertarik dengan konsep distribusi produk kebutuhan rumah tangga dengan pemanfaatan mitra aktif, dengan cara yang nyaman dan terjangkau. Dalam banyak hal, Chilibeli mengilhami suatu gagasan yang belum pernah berhasil dimanfaatkan oleh platform belanja online lain, yaitu lingkaran sosial komunitas terpercaya,” ucap Justin Hall, Partner, Golden Gate Ventures.

Dengan membangun platform teknologi yang melibatkan langsung jaringan komunitas masyarakat Indonesia, mereka mampu membuka peluang dan cara yang inovatif untuk berbelanja, berkolaborasi, dan berpenghasilan secara mandiri.

“Kami sangat optimis dengan tim Chilibeli yang menjembatani petani, pemasok, dan konsumen Indonesia. Hal ini membentuk sebuah kemitraan terpadu yang harmonis. Kami juga sungguh merasa terhormat dapat mendampingi mereka dalam perjalanan ini,” lanjut Justin.

CEO Chilibeli, Alex Feng mengatakan, dana tersebut digunakan untuk memperkuat jaringan komunitas Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok, sekaligus untuk memperluas jangkauan kami selanjutnya. Selain itu, pihaknya terus meningkatkan UI dan UX aplikasinya serta memajukan fasilitas gudang di Depok.

“Dukungan kuat investor ternama sangat penting bagi kami untuk memperkuat dan mengakselerasi pertumbuhan di masa depan, serta terus memberikan dampak bermakna dan positif bagi masyarakat Indonesia yang memanfaatkan jasa teknologi kami,” paparnya.

Ronde pendanaan ini secara resmi menjadikan Chilibeli sebagai perusahaan startup Seri-A hanya dalam kurun waktu 7 bulan setelah berdiri – salah satu startup Asia Tenggara dengan pertumbuhan tercepat.

Meskipun konsumsi digital kontribusi ekonomi nasional dari e-commerce semakin bertambah, pembayaran digital semakin berkembang, dan kemajuan logistik semakin progresif, tetapi penetrasi penjualan online di bidang pertanian masih sangat rendah.

Sementara itu, 20% dari pengeluaran rumah tangga keluarga Indonesia rata-rata dihabiskan untuk bahan makanan. Hal ini menunjukkan kesenjangan yang cukup besar antara pasar dan potensi yang ada, sehingga menghadirkan peluang yang belum tersentuh sebelumnya.

Perempuan Indonesia, terutama ibu rumah tangga, memegang kontrol terhadap pengeluaran keluarga, dan mereka sangat terbuka dengan berbagai peluang bisnis yang dapat menambah penghasilan keluarga.

Chilibeli melihat kebutuhan ini sebagai kesempatan sosial yang menguntungkan bagi para ibu rumah tangga yang gemar bersosialisasi.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...