Selasa, Mei 24, 2022
BerandaNewsRobot Lego bisa Lawan Virus Corona

Robot Lego bisa Lawan Virus Corona

Must Read

Techbiz.id – Para siswa di sebuah sekolah dasar di kota Kaohsiung, Taiwan selatan, telah menemukan cara unik mereka sendiri untuk melawan virus corona dan tetap terdepan dalam pencegahan wabah dengan dispenser desinfektan otomatis yang dibuat dari Lego.

Anak-anak mulai dari usia 6 hingga 12 tahun menggunakan setiap jam istirahat sekolah dan setiap kesempatan lainnya untuk berbaris agar bisa menggunakan robot desinfektan alkohol buatan sendiri yang dirakit oleh beberapa teman sebaya mereka di bawah bimbingan pelatih robotik mereka.

“Mencuci tangan itu super,” teriak sebuah suara yang direkam setelah dispenser merasakan sepasang tangan di depan sensor ultrasonik dan mengeluarkan alkohol desinfektan dari botol semprot dengan menarik kembali pegangannya dengan mekanisme motor dan roda gigi.

Di sebelah robot, ada pemandangan yang dibuat oleh siswa yang lebih muda yang menunjukkan berbagai tempat yang memerlukan pencucian tangan: meja operasi di rumah sakit, toilet dan taman bunga.

Satu tahun setelah bencana nuklir Fukushima di Jepang pada 2011, para guru di Sekolah Dasar Linyuan memutuskan para siswa harus belajar tentang kepala sekolah dasar robotika.

Sekolah ini terletak di area industri, didominasi oleh sektor petrokimia. Para guru ingin mengajar anak-anak untuk dapat memecahkan masalah di kota asalnya di masa depan, seperti kebakaran, polusi udara dan ledakan gas.

Sejak itu, sekolah tersebut telah mewakili Taiwan dalam banyak kompetisi internasional di luar negeri dan memenangkan beberapa hadiah dengan klub robotnya.

Sementara Taiwan hanya mencatat 45 kasus virus corona, dibandingkan dengan lebih dari 80.000 di sisi lain Selat Taiwan di Cina, pulau ini dalam keadaan siaga tinggi untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Terkait

Artikel Terkait

Tablet Oppo Pad Air Meluncur, Pakai Chip Snapdragon dan Layar 2K

Techbiz.id - Makin serius dengan memasuki pasar tablet, Oppo kini meluncurkan OPPO Pad Air. Peluncuran tablet baru andalan perusahaan...