Monday, August 10, 2020
More
    Home E-Commerce Penggunaan Aplikasi Belanja Naik 300% Selama Pandemi

    Penggunaan Aplikasi Belanja Naik 300% Selama Pandemi

    Must Read

    XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Nelayan Banten

    Techbiz.id - XL Axiata kembali melakukan Inisiatif peningkatan kapasitas nelayan tradisional melalui pengenalan pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara...

    AyoConnect Bangun Jaringan Tagihan Pertama di Indonesia

    Techbiz.id - Perusahaan teknologi keuangan Indonesia Ayoconnect berhasil menggalang dana sebesar USD5 juta dalam pendanaan Pra-Seri B...

    Anteraja Incar Seribu Pelanggan Korporasi

    Techbiz.id - Perusahaan jasa pengiriman barang berbasis teknologi Anteraja, incar seribu pelanggan korporasi hingga akhir tahun 2020...

    Techbiz.id – Perusahaan yang bergerak di bidang data dan artificial intelligence (AI), ADA melakukan analisis data terhadap perubahan konsumen di beberapa negara termasuk Indonesia. Situasi pandemi rupanya memunculkan perilaku konsumen baru, yang berbeda-beda di setiap negara Asia Tenggara.

    “COVID-19 telah mengubah kehidupan kita. Dalam situasi seperti ini, kita lebih memilih untuk berdiam di rumah dibandingkan bepergian. Social distancing juga membuat kita banyak menghabiskan waktu di ruang digital. Baik untuk bekerja, berkomunikasi, berbelanja, atau bahkan sekadar mencari hiburan,” ujar Kirill Mankovski, Managing Director ADA Indonesia.

    Di Indonesia, situasi pandemi dan social distancing memunculkan beberapa perilaku baru, misalnya, The Adaptive Shopper dan Working-from-home Professional. Perubahan ini dilihat dari penggunaan aplikasi belanja dan produktivitas sepanjang bulan Maret.

    Data ADA menunjukan, kedua jenis aplikasi ini paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan menengah dan atas.

    Sejak social distancing diumumkan, penggunaan aplikasi belanja mengalami kenaikan hingga 300%. Aplikasi yang banyak digunakan adalah aplikasi belanja yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, juga aplikasi khusus jual-beli barang bekas. Penggunaan aplikasi jenis ini mengalami puncaknya pada tanggal 21-22 Maret, hingga lebih dari 400%.

    “Masyarakat Indonesia, terutama kelas menengah dan atas, telah beradaptasi dengan dunia baru ini. Mereka beralih ke cara-cara baru untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya,” ujar Kirill.

    Sementara itu, bagi sebagian besar pekerja di Indonesia, working-from-home sama seperti bekerja pada situasi normal. Mereka tetap melakukan pekerjaan, kolaborasi, komunikasi, dan meeting seperti biasa. Hanya saja, semua pekerjaan dilakukan di rumah dengan bantuan aplikasi produktivitas.

    Data ADA mencatat adanya peningkatan penggunaan aplikasi produktivitas selama bulan Maret, terutama setelah imbauan social distancing diumumkan. Penggunaan aplikasi produktivitas naik hingga lebih dari 400% pada pertengahan bulan Maret lalu. Aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi screen recorder dan anti-virus.

    “Setiap orang bereaksi dengan cara yang berbeda-beda terhadap situasi krisis, seperti pandemi. Ini yang menyebabkan perbedaan crisis persona di Indonesia dengan negara Asia Tenggara lainnya. Kami melihat, masyarakat Indonesia cepat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhannya, dan berusaha untuk tetap produktif,” pungkasnya.

    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Artikel Terbaru

    Daftar Harga Paket Indihome 2020, Mulai Rp200 ribu!

    Techbiz.id - Paket internet semakin beragam, begitu juga dengan pilihan berlangganan Indihome yang dimulai dengan harga Rp200...

    Varian Baru Galaxy A01 Core Bawa RAM Lebih Besar

    Techbiz.id - Samsung Indonesia menghadirkan varian baru Galaxy A01 Core yang mengusung memori lebih besar dari varian sebelumnya. Galaxy...

    XL Axiata Tingkatkan Kapasitas Nelayan Banten

    Techbiz.id - XL Axiata kembali melakukan Inisiatif peningkatan kapasitas nelayan tradisional melalui pengenalan pemanfaatan aplikasi Laut Nusantara di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa,...

    XL Axiata Beri Akses Internet untuk Anak Nelayan

    Techbiz.id - XL Axiata memberikan bantuan akses internet bagi anak-anak nelayan Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang agar bisa leluasa mengikuti pembelajaran...

    5 Langkah Mudah Bikin Stiker Cameos Snapchat

    Techbiz.id - Snapchat kini menghadirkan Cameos dalam bentuk stiker yang bisa ditambahkan ke Snap atau story. Cameos sendiri sebenarnya...

    Artikel Terkait