Sabtu, Juli 27, 2024

Sempat Terpuruk, Transaksi Merchant Youtap Naik 5x Lipat

Techbiz.id – Selama bulan Ramadan, Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya baik mitra merchant UMKM maupun merchant besar yang meningkat signifikan hingga 5 kali lipat.

Setelah sempat mengalami penurunan di awal masa PSBB, pertumbuhan transaksi non-tunai ShopeePay ini juga dapat dilihat di beberapa sektor usaha UMKM, seperti sektor bisnis warung yang tumbuh 283% dan toko bahan makanan yang tumbuh 50%.

CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto mengungkapkan, tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 dan penerapan PSBB telah berdampak pada banyak mitra merchant kami, terutama pada para pelaku UMKM.

“Melalui teknologi dan layanan kami, Youtap siap membantu mendorong keberlangsungan usaha dalam memasuki masa kenormalan baru ini,” ungkapnya.

Herman berharap bahwa peningkatan transaksi non-tunai ini kedepannya dapat membawa angin segar bagi para mitra merchant yang kini tengah berjuang menjalankan usahanya sambil beradaptasi menjalankan masa kenormalan baru. Ia juga menjabarkan berbagai upaya yang telah dilakukan Youtap dalam membantu para pedagang UMKM, terutama yang berskala mikro.

Selain kenaikan transaksi yang melonjak, Youtap dan ShopeePay juga melihat adanya perubahan pada perilaku konsumen selama bulan Ramadhan. Apabila sebelumnya transaksi ShopeePay paling banyak terjadi di akhir pekan, selama bulan Ramadhan, pola transaksi mengalami perubahan dengan kecenderungan volume transaksi terjadi secara merata sepanjang minggu.

“Melihat pencapaian positif saat ini, kami harapkan dapat membantu mengakselerasi pertumbuhan kami sekaligus memberikan dampak positif kepada masyarakat. Kami percaya bahwa lewat kolaborasi ini, kami dapat senantiasa menjangkau lebih banyak rekan usaha dan juga mendorong aktivitas transaksi non-tunai agar akan semakin mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat,” ucap Marketing Manager ShopeePay, Cindy Candiawan.

Selain pada mitra merchant UMKM, ShopeePay juga telah dimanfaatkan oleh mitra merchant besar Youtap seperti McDonald’s. Dalam waktu singkat, penggunaan ShopeePay tercatat terus mengalami peningkatan signifikan dari minggu ke minggu.

Terkait

Artikel Terkait

Memajukan Potensi Digital Bersama Gerakan 100% untuk Indonesia

Techbiz.id - Akses internet merupakan salah satu sarana terbaik untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat. Tergantung bagaimana pemanfaatannya,...