Jumat, Desember 9, 2022

XL Axiata Beri Akses Internet untuk Anak Nelayan

Techbiz.id – XL Axiata memberikan bantuan akses internet bagi anak-anak nelayan Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang agar bisa leluasa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Bantuan diwujudkan berupa perangkat router yang dapat digunakan untuk mengakses internet berbarengan hingga 32 perangkat sekaligus, serta paket data sebesar 20 GB setiap bulan selama 1 tahun.

Router tersebut ditempatkan di sebuah bangunan yang bisa dipakai untuk pertemuan warga, yang terletak di sekitar tempat pelelangan ikan Desa Lontar.

Baca juga: XL Axiata Sosialisasikan Aplikasi Laut Nusantara ke Pelajar di Timur Indonesia

Anak-anak biasa mengakses internet secara beramai-ramai duduk di lantai bertikar di tempat itu semenjak ada PJJ karena kualitas sinyal yang cukup baik.

Di desa ini ada lebih dari 300 anak usia sekolah, dari mulai SD hingga SMA atau SMK.

Menurut Head of Sales XL Axiata Banten Area, Tom Dedi, dalam memberikan bantuan ini XL Axiata juga berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Serang yang mengelola tempat tersebut.

Seperti yang terjadi di daerah lain, setidaknya ada tiga kendala yang para pelajar tersebut hadapi untuk bisa mengikuti PJJ, yaitu terkait kualitas sinyal untuk akses internet, kemampuan orang tua untuk membeli paket data, serta kepemilikan smartphone.

“Kami tergerak untuk sekalian membantu para pelajar di Desa Lontar ini agar mudah mendapatkan akses internet untuk bisa mengikuti PJJ. Apalagi, kami juga telah membantu orang tua mereka melalui program aplikasi Laut Nusantara,” papar Tom Dedi.

Melalui dukungan dalam bentuk router ini disampaikan Tom, XL Axiata mencoba untuk mendukung akses internet dan sekaligus meringankan beban untuk membeli kuota data.

“Semoga fasilitas akses internet ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk PJJ oleh para anak nelayan di Desa Lontar,” pungkasnya.

Di desa ini XL Axiata mengenalkan penggunaan aplikasi digital Laut Nusantara untuk nelayan setempat. 

Terkait

Artikel Terkait

UMKM Butuh Identitas Digital untuk Integrasi Digital

Techbiz.id - Pada proses digitalisasi UMKM, identitas digital dipercaya dapat menjadi kunci UMKM dalam mengakses berbagai layanan platform digital....