Wednesday, January 20, 2021
Home DigiBiz XL Smart Poultry Terbukti Tingkatkan Produksi Unggas

XL Smart Poultry Terbukti Tingkatkan Produksi Unggas

Must Read

Teknologi Digital Huawei Dorong Pemulihan Ekonomi

Techbiz.id - Untuk mempercepat pemulihan ekonomi global, termasuk Indonesia, akibat pandemi COVID-19, optimalisasi pendayagunaan teknologi digital terdepan diyakini akan...

Telkomsel Ajak Inovator Berkolaborasi dalam Tinc Batch 6

Techbiz.id - Program Telkomsel Innovation Center (Tinc) kembali membuka kesempatan bagi seluruh talenta unggul di bidang teknologi digital dari...

4 Alasan untuk Memilih Galaxy S21 Series

Techbiz.id - Samsung baru saja mengumumkan Trio Galaxy S21 Series 5G pada acara Galaxy Unpacked 2021. Dengan desain iconic...

Layanan Telekomunikasi di Majene Membaik

Techbiz.id - Layanan telekomunikasi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat sudah mulai berangsur membaik setelah terkena dampak gempabumi berkekuatan 6,2...

5.500 GrabCar Premium Bakal Dilengkapi Teknologi Nanoe

Techbiz.id - Panasonic dan Grab melakukan kerjasama berupa penerapan teknologi nanoe X di layanan GrabCar Premium untuk memberikan sensasi...

Techbiz.id – Solusi XL Smart Poultry berbasis Internet of Things (IoT) dari XL Axiata terbukti telah mampu tingkatkan produksi unggas milik PT Sierad Produce Tbk (Sierad Produce).

Dalam setahun penggunaan solusi tersebut, Sierad Produce juga berhasil meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan peternakan unggas tersebut.

- Advertisement -

Saat ini hasilnya sudah bisa dilihat, dari hasil proses evaluasi bersama Sierad Produce untuk penerapan XL Smart Poultry di daerah Banten dan Jawa Barat, solusi berbasis IoT ini terbukti berhasil dapat meningkatkan Index Performa (IP) diatas standard rata – rata Nasional.

Baca juga: XL Axiata Sediakan Akses Internet di Pedesaan

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, Teknologi XL Smart Poultry tidak hanya berperan untuk mendigitalisasi kandang, namun juga dapat membantu sebagai personal assistant bagi para peternak seperti fitur notifikasi dan alert, dan juga integrasi ke ekosistem industri unggas yang lebih luas.

“Kerjasama dengan Sierad Produce tahun lalu merupakan peluang besar bagi kami di XL Business Solutions untuk mengembangkan solusi berdasarkan situasi nyata yang dihadapi oleh klien kami. Selanjutnya, kami dan Sierad Produce akan melakukan ekspansi besar-besaran dalam penerapan solusi XL Smart Poultry ini,” ucapnya.

Feby menambahkan, Index Performa yang disebut merupakan salah satu ukuran yang digunakan untuk menilai keberhasilan dari usaha peternakan ayam berdasarkan tingkat jumlah ayam yang hidup, berat panen Ayam, umur panen serta FCR (Feed Conversion Ratio).

Peningkatan IP diatas rata rata nasional merupakan sebuah pencapaian tersendiri yang membuktikan bahwa digitalisasi bisa meningkatkan performa produksi serta kualitas panen yang pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan peternakan ayam. Hasil tersebut akan sangat berat dicapai jika dengan menggunakan cara-cara lama atau tanpa menerapkan solusi XL Smart Poultry.

Menyusul keberhasilan Smart Poultry dalam tingkatkan produksi, kini kedua pihak telah siap untuk mengembangkan kerjasama yang lebih luas lagi dalam penerapan solusi digital tersebut.

Rencana pengembangan kerjasama yang akan segera direalisasikan kedua pihak adalah demokratisasi teknologi dimana solusi XL Smart Poultry ini akan diperluas dan menjangkau semua peternakan ayam di Indonesia yang diperkirakan mencapai 70.000 – 80.000 peternak ayam.

Menurut Feby, XL Smart Poultry adalah wujud nyata revolusi industri 4.0 di sektor industri peternakan ayam dengan menggunakan XL flexIoT, yang merupakan unified full-stack IoT platform dengan standar Telco-Grade yang memberikan keamanan, kemudahan integrasi dan scale-up bisnis Anda.

Dalam rentang setahun terakhir kerjasama dengan Sierad Produce, XL Axiata juga terus melakukan pengembangan pada solusi XL Smart Poultry. Beragam inovasi baru terus diimplementasikan.

Pada kuartal ketiga 2019, telah dilakukan pengembangan seperti penggunaan perangkat untuk melindungi sensor dari masuknya air pada saat proses pembersihan, penyesuaian formula dan algoritma untuk mengikuti standar terkini pada poultry industry dan penambahan analitik untuk menganalisa pasokan pakan menggunakan load cell pada feed hopper.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

realme Jadi Kuda Hitam Produsen Perangkat Wearable

Techbiz.id - Lembaga riset Counterpoin merilis laporan TWS terbaru mereka yang menobatkan realme sebagai kuda hitam di tahun 2021...

Artikel Terkait